Kenapa Bisul Sering Muncul Lagi Berulang-ulang?

Pertanyaan:
Dok, saya mau tau, kenapa bisul itu sudah sembuh tapi suatu saat muncul lagi dan di tempat yang sama dan juga disekitarnya. hingga berulang -ulang kali? Padahal bisul yang sebelumnya sudah dikeluarkan matanya dan sembuh. dan apakah benar ada hubungannya dengan darah kotor? Terimakasih Jawabannya.

Jawaban:
Terimakasih sudah bertanya.

Bisul dalam bahasa kedokteran disebut sebagai furunkel, yaitu infeksi bakteri yang menyerang kulit melalui folikel rambut. Bakteri itu masuk melalui pori-pori rambut kemudian tumbuh dan berkembang biak di akar atau kantung rambut (folikel).

Bakteri tersering yang menyebabkan bisul adalah jenis streptococcus dan staphylococcus. Bakteri mudah menyerang jika kulit kurang bersih, lembab, kebiasaan menggaruk kulit dengan tangan yang kotor, atau kekebalan tubuh yang terganggu.

Pada kasus dimana bisul sering kambuh berulang-ulang itu artinya beberapa faktor penyebab bisul di atas masih belum dapat teratasi. Dan Jika bisul muncul dalam waktu yang belum lama (mingguan) setelah bisul yang sebelumnya sembuh, besar kemungkinan telah terjadi penyebaran kuman (bakteri) dari bisul sebelumnya. Dapat dijelaskan sebagai berikut:

Kita tahu bahwa ketika bisul itu matang, maka terdapat banyak nanah dan pada akhirnya nanah itu keluar atau dikeluarkan. Ketika mengeluarkan nanah atau merawat bisul, jika tidak bersih: nanah menyebar ke kulit sekitarnya dan tidak dibersihkan, nanah tersentuh oleh tangan dan setelah itu tangan menyentuh bagian kulit lainnya tanpa cuci tangan terlebih dahulu, maka dengan cara itulah bisul akan muncul lagi dan lagi.

Dengan demikian solusi terbaik adalah menjaga kebersihan kulit dan merawat bisul dengan cara yang steril. Seperti telah saya tuliskan disini: Cara Benar Mengobati Bisul.

Jika sudah demikian, namun bisul masih tetap muncul berulang-ulang, maka berobatlah ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung.

Mengenai Darah Kotor, kami di dunia medis tidak mengenal istilah darah kotor apalagi kaitannya dengan bisul. Karena bisul memang disebabkan oleh bakteri dari luar dan bukan dari kelainan darah. Adapun kondisi umum yang mempengaruhi yaitu lemahnya sistem kekebalan tubuh seperti pada orang dengan HIV/AIDS yang mudah terserang infeksi.

Sekian, semoga jawaban ini bermanfaat untuk Anda.

4 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer