Kenapa Telinga Keluar Darah

Dok, beberapa minggu ini saya mengalami sakit kepala. Sakit terjadi di seluruh bagian kepala termasuk juga di bagian alis, tetapi di kepala bagian kiri lebih terasa nyeri dibandingkan yang sebelah kanan dok. Waktu saya mau tidur, tiba-tiba telinga saya keluar darah dok. Selama saya pusing, saya merasa seperti melayang dan keluhan nyeri tidak berkurang walaupun sudah minum obat penghilang nyeri. Sakit kepala terjadi setiap saat , apalagi kalau sudah bekerja yang mengeluarkan keringat, sakit bertambah. Apa yang terjadi sehingga telinga bisa keluar darah? Terima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Ada beberapa penyebab perdarahan telinga. Yang paling sering adalah akibat pecahnya gendang telinga yang dapat disebabkan karena infeksi telinga tengah. Pecahnya gendang telinga akibat infeksi ini biasanya dapat disertai dengan demam, sakit kepala yang amat sangat, nyeri di telinga, dan biasanya disertai dengan penurunan pendengaran. Selain karena pecahnya gendang telinga, keluarnya darah dari telinga dapat disebabkan karena kondisi yang lebih serius misalnya trauma kepala, trauma telinga, infeksi telinga dengan komplikasi meningitis (radang selaput otak), kanker telinga, dsb.
Tergantung dari penyebab yang mendasarinya, keluhan keluarnya darah dari telinga dapat disertai keluhan lainnya seperti telinga berdengung, nyeri telinga, kelemahan wajah, demam, sakit kepala dan penurunan pendengaran. Pada beberapa kasus, perdarahan telinga bisa juga disertai gejala lain yang mungkin mengindikasikan kondisi serius sehingga perlu adanya evaluasi dan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, yaitu antara lain:

  • Perdarahan hidung
  • Penurunan kesadaran
  • Pusing/sakit kepala
  • Ketidakmampuan mata untuk mengikuti gerakan
  • Ukuran pupil tidak sama
  • Lesu
  • Perdarahan dalam jumlah banyak dari telinga
  • Muntah

Oleh karena itu sebaiknya anda memeriksakan langsung kondisi anda kepada dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh sehingga dapat diketahui penyebab pasti dari keluhan anda tersebut dan mendapat terapi terbaik.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih dan semoga lekas pulih.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer