Kontrasepsi Ibu Menyusui Yang Tidak Bikin Gemuk

Dok, saya ingin tanya. Saya sekarang kan ikut KB 3 bula, tapi ingin ganti KB pil, kira-kira merk apa ya yang tidak buat berat badan naik atau yang tidak bikin gemuk. Sebagao tambahan infromasi saat ini saya masih menyusui.

Selamat pagi, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

Perlu ibu ketahui bahwa KB suntik baik yang 3 bulan ataupun 1 bulan merupakan jenis-jenis KB hormonal, yang artinya memang memiliki pengaruh terhadap berat badan, dan ini sering ditakutkan oleh kebanyakan ibu-ibu, yaitu masalah kenaikan berat badan. Meskipun sebenarnya banyak faktor lain yang mempengaruhi berat badan.

Mengenai KB pil, itu juga merupakan jenis kontrasepsi hormonal, jadi tetap saja memiliki pengaruh terhadap berat badan, misalnya bikin gemuk.

Berhubung saat ini ibu lagi menyusui, maka metode KB yang diperbolehkan yaitu KB suntik 3 bulan dan pil KB dengan nama Minipil yang memang khusus untuk ibu menyusui. Tapi jika takut terhadap penambahan berat badan, maka ada alternatif lainnya.

Apa jenis kontrasepsi untuk ibu menyusui yang tidak membuat berat badan naik?

Jawabannya adalah IUD atau spiral, merupakan sebuah alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim (AKDR = alat kontrasepsi dalam rahim). Ini tidak mengandung hormon sehingga tidak mempengaruhi kesuburan, siklus menstruasi, dan tidak menyebabkan berat badan naik. Walaupun ada beberapa efek samping walaupun jarang, lebih lanjut silahkan baca: Efek Samping IUD

Konsultasikan dengan bidan atau dokter Anda mengenai hal ini, semoga membantu.

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer