Kurang Pendengaran dan Penumpukan Cairan di Telinga

Siang dok saya mo brtanya cara mengobati telinga saya yg kurang pendengaran.akibat sering mengorek telinga pake kuku,trus klo malem suka keluar cairan,trus cairanya mengental ditelinga cara mengatasi gimana,dan obatnya apa ya dok makasih. 

Selamat Sore. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan saya menduga anda mengalami infeksi pada telinga luar atau dalam bahasa kedokteran disebut otitis eksterna. Hal ini bisa disebabkan karena anda mengorek- ngorek telinga, baik dengan cotton bud ataupun dengan jari tangan, sehingga menyebabkan liang telinga iritasi dan luka hingga pada akhirnya kuman berkembang biak dan menimbulkan infeksi.

Gejala yang terjadi pada infeksi telinga luar atau otitis eksterna antara lain : nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, dan kadang disertai demam.

Namun untuk memastikan memang harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Anda bisa memeriksakan telinga anda ke dokter spesialis THT untuk memastikan penyebab keluhan serta mendapatkan terapi yang sesuai. Pengobatan yang diberikan pada infeksi telinga luar atau otitis eksterna antara lain antibiotik baik minum maupun berupa tetes telinga, serta obat simptomatik lainnya untuk mengurangi gejala. Jika ada cairan yang menumpuk pada liang telinga maka akan dilakukan irigasi terlebih dahulu. Silakan baca link berikut untuk penjelasan lebih lengkap : otitis eksterna

Sekian, semoga membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer