Latihan Gerak Setelah Patah Tulang, Bagaimana Caranya?

Selamat malam dok, satu bulan yang lalu saya baru lepas gips karena telapak kaki bagian kiri atas retak menurut diagnosa dokter (fraktur stress). Setelah lepas gips, dokter menyarankan selama dua minggu kaki belum boleh dipakai untuk berjalan. Saat ini kaki masih bengkak dan warnah kulit kaki biru kemerahan. Bagaimana melatih agar otot kaki kuat untuk berjalan, dan apakah normal warna kaki seperti itu setelah gips di lepas?  Terima kasih dok.

Selamat malam. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Latihan memang perlu dilakukan pada kaki yang telah mengalami patah tulang/retak/fraktur agar dapat siap kembali untuk digunakan saat berjalan normal seperti biasa. Latihan yang dilakukan agar kaki kuat untuk berjalan ini sebaiknya dilakukan saat kaki telah benar-benar siap.

kaki

Sebelum melakukan aktivitas seperti biasa, sebaiknya ada beberapa latihan yang perlu anda lakukan setelah fraktur antara lain:

  1. Latihan menggerakkan kaki secara pasif : misal gerakkan kaki ke kiri dan ke kanan dengan bantuan tenaga dari luar sehingga kaki yang sakit tidak bergerak sendiri. Jadi tidak ada kontraksi otot atau aktifitas otot pada kaki yang sakit. Semua gerakan harus sampai batas nyeri pasien saja, jangan dipaksa.
  2. Latihan menggerakkan kaki secara aktif : gerakan dilakukan oleh anggota gerak tubuh itu sendiri tanpa ada bantuan. Lakukan secara perlahan, usahakan sampai maksimal kaki bisa digerakkan.
  3. Latihan melawan tahanan : kaki berusaha melawan tahanan ringan yang diberikan tenaga dari luar.
  4. Latihan gerak fungsional: kaki mulai dipersiapkan untuk melakukan gerak/aktivitas seperti biasa misal berdiri, berjalan. Lakukan secara perlahan, jangan dipaksa.

Latihan-latihan ini sebaiknya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi pasien. Namun perlu diingat sebaiknya memang sesuai saran dokter yang merawat anda yaitu setelah lepas gips 2minggu jangan digunakan untuk berjalan dulu. Pasien dikontraindikasikan untuk menapakkan kaki sebelum 2 minggu.

Untuk pertanyaan mengenai warna kaki biru kemerahan memang wajar terjadi post fraktur mengingat masih adanya bengkak yang tersisa pada jaringan sekitar area yang terkena fraktur. Namun lama kelamaan, bengkak biru kemerahan ini akan menghilang bertahap.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer