Leher Sering Sakit, Kenapa?

Selamat pagi. Dok, kira-kira apa saja penyebab sakit di bagian leher belakang ya? Saya sudah mengidap penyakit ini sekitar satu tahun lebih. Mohon jawabannya dok. Terima kasih.

Selamat malam, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Nyeri pada leher adalah keadaan yang banyak terjadi. Beberapa faktor yang menyebabkan nyeri pada leher, contohnya adalah penyakit degeneratif, cedera otot leher, herniasi dan gangguan saraf. Nyeri leher juga bisa karena infeksi, misal infeksi virus yang mengenai tenggorokan, sehingga menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening dan nyeri leher. Nyeri leher juga bisa karena infeksi pada tulang belakang di sekitar leher, meningitis (biasanya disertai kaku leher). Selain itu, nyeri leher juga bisa disebabkan gangguan pada otot leher, misal fibromialgia dan rematik polimialgia. Faktor resiko nyeri leher antara lain karena cedera selama olahraga, kecelakaan motor, dsb.

Jika nyeri pada leher terjadi karena aktivitas yang menyebabkan otot leher tegang dan menimbulkan nyeri maka dapat dilakukan pencegahan untuk mengurangi tingkat kekambuhan. Pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari nyeri pada leher, salah satunya dengan olahraga/ latihan untuk memperkuat otot leher.

Pengobatan nyeri pada leher tergantung dari penyebabnya. Pilihan terapi yang ada meliputi istirahat, terapi hangat dan dingin, traksi, terapi fisik dengan ultrasound ataupun pijatan, pemberian obat penghilang nyeri, pemberian krim anestesi, maupun prosedur operasi. Alternatif pengobatan lain yang dapat diberikan untuk keluhan nyeri leher kronik juga dapat dilakukan terapi akupuntur. Namun pada prinsipnya jika keluhan nyeri pada leher berlangsung terus menerus dalam jangka waktu lama serta menimbulkan rasa sakit yang luar biasa disertai keluhan-keluhan lain yang mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter agar dapat dideteksi penyakit yang mendasarinya serta mendapat pengobatan yang sesuai.

Sekian penjelasan dari saya. Semoga dapat membantu.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer