Makanan Pembentuk Otot

Saya ingin punya badan yang atletis, otot besar, dan kekar, yang ingin saya tanyakan dok, selain olah raga adakah makanan pembentuk otot agar tujuan itu cepat tercapai? terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Untuk mendapatkan bentuk badan yang atletis dengan otot besar dan kekar memang membutuhkan keseimbangan antara olahraga yang tepat dan nutrisi atau makanan pembentuk otot yang sebaiknya dikonsumsi. Karena walaupun olahraga yang dikerjakan sangat keras tapi tidak disertai makanan yang tepat, hal tersebut juga susah untuk didapatkan. Begitupun sebaliknya. Yang menjadi pertanyaan adalah apa sajakah makanan untuk otot yang berguna bagi perkembangan otot serta menambah massa otot?

Makanan Untuk Otot

Makanan pembentuk otot sebaiknya mengandung karbohidrat dan protein. Karena karbohidrat dan protein dapat digunakan untuk menyediakan energi yang bisa diperlukan saat kita melakukan olahraga serta kedua kandungan zat ini juga penting untuk pemulihan otot. Makanan yang mengandung protein merupakan makanan penambah massa otot yang paling baik. Berikut akan dijelaskan beberapa makanan pembentuk otot yang bisa dikonsumsi yaitu :

  • Daging sapi tanpa lemak. Makanan ini merupakan makanan penambah massa otot yang pokok dan penting untuk dikonsumsi kerena berperan merangsang pertumbuhan otot.
  • Dada ayam tanpa kulit. Merupakan sumber terpenting (selain daging sapi tanpa lemak) makanan pembesar otot. Selain berperan sebagai makanan pembentuk massa otot, daging ayam tanpa kulit juga berperan dalam pembentukan tulang dan mempertahankan berat badan.
  • Keju (rendah/tanpa lemak). Mengandung protein yang dicerna secara lambat sehingga penting untuk memelihara massa otot.
  • Telur (putih telur). Putih telur mengandung tinggi protein sehingga menjadi salah satu jenis makanan pembesar otot.
  • Tuna ataupun jenis ikan lainnya : Ikan mengandung banyak protein dan rendah lemak sehingga berperan sebagai makanan pembesar massa otot serta menurunkan massa lemak.
  • Whole grain dan Oatmeal (biji – bijian dan gandum). Kadar gula gandum sangat rendah sehingga jika dikonsumsi berperan untuk mengurangi rasa lapar, mengurangi lemak, serta menjadi sumber karbohidrat yang berperan memelihara massa otot.
  • Kacang -kacangan. Kacang tanpa garam dan dipanggang merupakan salah satu sumber protein yang berperan sebagai makanan pembentuk otot.
  • Sayur dan buah – buahan : Sayur dan buah mengandung serat , vitamin, mineral dan juga cairan yang baik untuk kesehatan. Sayur dan buah juga mengandung sejumlah protein.

Sebenarnya masih banyak contoh beberapa makanan yang penting untuk membentuk massa otot. Namun pada prinsipnya untuk perkembangan otot diperlukan makanan yang banyak mengandung protein dan beberapa jenis sumber karbohidrat tertentu, serta sejumlah kecil lemak sehat untuk dikonsumsi setiap harinya.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer