Makanan Penyebab Keguguran

Selamat malam dok. Saat ini saya sedang hamil 2 bulan. Sebelumnya saya memiliki riwayat keguguran satu kali. Makanan apa saja yang harus saya hindari yang dapat menyebabkan keguguran dok? Terima kasih.

Makanan yang bergizi seimbang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kita. Apalagi bagi seorang wanita hamil, asupan makanan sangat penting diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan bayinya. Ibu hamil disarankan makan makanan bergizi tinggi serta konsumsi vitamin dan mineral yang berguna untuk perkembangan janin yang dikandungnya. Selain itu, ibu hamil juga harus menjaga asupan makanannya. Pada umumnya sebagian besar makanan aman untuk dikonsumsi ibu hamil, namun ada juga beberapa makanan yang harus dihindari saat kehamilan karena makanan dapat menyebabkan keguguran, atau kecacatan pada janin.

sushi

Apa Saja Makanan yang Harus Dihindari Saat Kehamilan?

Makanan penyebab keguguran ataupun yang daoat menyebabkan kecacatan pada janin, antara lain:

  • Daging/ unggas/ telur  mentah atau belum matang sempurna : makanan ini dapat mengandung beberapa bakteri, virus, maupun parasit seperti Salmonella, Toxoplasmosis, dan bakteri coliform. Sehingga makanan tersebut harus dihindari karena termasuk makanan yang menyebabkan keguguran dan kecacatan janin
  • Seafood (makanan laut) mentah atau belum matang sempurna, contoh sushi.
  • Susu yang belum dipasteurisasi atau produk yang mengandung susu tersebut : susu yang belum dipasteurisasi bisa mengandung Listeria yang dapat menyebabkan keguguran. Listeria bisa masuk ke sawar plasenta sehingga dapat menginfeksi janin dalam kandungan atau menyebabkan keracunan sehingga makanan ini bisa menyebabkan keguguran.
  • Keju : beberapa jenis keju menjadi makanan yang dapat menyebabkan keguguran maupun kecacatan janin, diantaranya soft keju seperti : Brie, Camembert, Roquefort, Feta, Gorgonzola and Mexican. Keju yang mengandung susu yang belum dipasteurisasi harus dihindari.
  • Kafein : beberapa penelitian mengatakan bahwa kafein dalam jumlah sedang tidak menjadi masalah bagi ibu hamil, namun ada penelitian lain yang menyatakan bahwa kafein termasuk makanan yang dapat menyebabkan  keguguran. Oleh karena itu menghindari kafein saat trimester pertama kehamilan lebih baik karena dapat mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran. Pada umumnya kafein sebaiknya dibatasi asupannya kurang dari 200 mg perhari selama kehamilan.
  • Alkohol : Alkohol adalah salah satu makanan penyebab keguguran. Alkohol dalam jumlah berapapun harus dihindari terutama saat kehamilan. Karena alkohol sangat berbahaya bagi janin yang dikandung, misalnya dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin, dsb.
  • Sayuran dan buah – buahan yang tidak dicuci : sayuran dan buah aman dan sangat bermanfaat untuk dikonsumsi. Namun jika tidak dicuci dengan bersih menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan keguguran maupun kecacatan janin. Karena sayur dan buah yang tidak dicuci dapat terpapar bahan kimia maupun kuman (contohnya Toxoplasmosis ). Toxoplasmosis dapat mengkontaminasi tanah tempat sayur dan buah tersebut ditanam.

Sekian jawaban dari saya mengenai makanan penyebab keguguran. Semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer