Menstruasi Terus Menerus dan Banyak Setelah Stop KB 1 Bulan, Kenapa?

Selamat Malam Dokter. November 2014 saya stop injeksi kb yang satu bulan karena suami ingin saya segera hamil. Tapi kok anehnya saya malah mens terus – terusan sampai hampir dua minggu setelah itu. Bulan berikutnya mens semakin tidak beraturan datangnya. Sebulan sekali tapi rentang waktunya sampai hampir 28 hari dan 2 bulan terakhir ini saya mens 2 kali dalam sebulan. Mohon solusinya dok. terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus. com.

Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan, anda mengalami menometroragia. Menoragia adalah periode haid dengan jumlah yang banyak (>80 ml) ataupun perdarahan yang keluar berlangsung lama (> 7 hari). Sedangkan metrorhagia adalah keluarnya darah dari uterus atau rahim dengan interval yang tidak teratur, terdapat perdarahan di antara periode haid yang satu dengan periode haid berikutnya. Jika siklus haid yang anda alami adalah keduanya maka disebut menometrorhagia.

Jadi bila didefinisikan menometrorhagia adalah haid yang berlangsung lama atau banyak disertai keluarnya perdarahan dari uterus di antara periode menstruasi.

Penyebab Menometrorhagia
Penyebab yang mendasari keluhan ini ada banyak hal antara lain:

  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Tumor jinak uterus (fibroid uterine)
  • Polip
  • Peradangan atau infeksi organ-organ pada rongga pelvis
  • Penyakit hati atau ginjal
  • Penyakit darah. Kelainan koagulasi merupakan penyebab tersering timbulnya perdarahan yang berlebihan
  • Anemia
  • Obesitas
  • Pemakaian kontrasepsi IUD. Efek samping lain yang muncul akibat pemasangan IUD juga bisa terjadi nyeri saat haid (dismenorea).
  • Kontrasepsi hormonal, yang termasuk di dalamnya antara lain pil, KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, hingga KB susuk. KB hormonal memiliki efek samping gangguan haid, sampai sekian bulan pasca lepasnya KB.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, KB hormonal termasuk KB suntik 1 bulan akan memiliki efek gangguan haid, mulai dari tidak haid atau malah muncul bercak perdarahan hingga perdarahan yang sangat banyak dan sering. Biasanya keluhan ini akan berkurang dan kembali normal setelah efek KB hormonal ini hilang dari tubuh dan keseimbangan hormonal di  dalam tubuh telah tercapai. Jika tidak ada keluhan yang menyertai anda dapat menunggu dan mengobservasi sendiri hingga beberapa bulan paska lepasnya KB.

Namun sebenarnya tetap perlu dipastikan kembali apakah perdarahan yang banyak dan sering bukan karena disebabkan oleh sebab lain seperti yang telah saya jelaskan diatas, sehingga sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan (SpOG). Untuk memastikan ada tidaknya kelainan di rahim, dapat dilakukan USG transvaginal atau pemeriksaan lain yang dirasa perlu.

Anda perlu juga mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan banyak mengandung zat besi untuk mencegah terjadinya anemia akibat perdarahan yang terlalu banyak dan sering, seperti : hati ayam maupun sapi, kacang – kacangan terutama kacang merah, dan sebagainya.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer