Ngeflek dan Haid Tak Lancar Setelah Suntik KB 3 Bulan, Bagaimana Solusinya?

Pertanyaan

Dok, saya kan suntik kb 3bln, nah semenjak itu saya ngeflek terus. Terakhir saya haid itu awal oktober. Nah sampai sekarang saya belum haid juga ? Itu kenapa dok?

Padahal saya terakhir berhubungan bulan september. Udah saya testpek hasilnya negatif. Tolong dong solusinya. Saya masih belum mau punya baby karna ank saya masih 9bln . Thx dok

Jawaban

KB suntik 3 bulan mengandung Depo Provera yang merupakan suspensi cairan yang terdiri dari kristal-kristal mikro medroksiprogesteron asetat (DMPA) yang merupakan keturunan progesteron, hormon reproduksi yang memang sudah ada dalam tubuh wanita.

Karena bersifat hormonal, jenis kontrasepsi ini dapat mempengaruhi hormon reproduksi wanita, sebagai akibatnya terjadilah gangguan menstrusi. Siklus menstruasi menjadi kacau. Bisa berupa flek atau spotting, tidak menstruasi sama sekali (amenore), atau mengalami menstruasi dengan darah yang begitu banyak.

Lebih lanjut silahkan baca: Efek samping KB Suntik 3 Bulan

Spotting atau ngeflek, wajar terjadi setelah suntikan pertama. Pada suntikan kedua, biasanya flek akan berkurang dan lama-kelamaan akan menghilang. Namun bila terus terjadi dan sangat mengganggu, sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti metode KB yang lain, misalnya dengan kontrasepsi IUD yang tidak mengganggu siklus haid, atau metode lainnya.

Jika saat flek berhenti dan malah tidak mendapatkan menstruasi/haid setiap bulannya seperti biasanya, maka tidak perlu khawatir. Karena memang ini salah satu efek samping KB suntik. Dan ini sudah Anda buktikan sendiri dengan hasil tes pack negatif yang menunjukkan bahwa tidak terjadi kehamilan. Jadi tak perlu takut, asalkan Anda tetap mematuhi jadwal suntik.

Sekian jawaban dari saya, semoga mencerahkan.

22 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer