Ngeflek dan Sakit Perut Saat Hamil Muda, Apakah Tanda-tanda Keguguran?

Pertanyaan:

dok saya baru hamil 5 minggu, kadang kadang sering muncul flek hitam dan di ikuti rasa sakit perut itupun kadang2 juga rasa sakitnya… ada apa dengan kandungan saya ya dok …? apa tanda-tanda keguguran.?

Jawaban :

Hamil muda atau kehamilan trimester pertama merupakan fase kehamilan di mana kandungan belum begitu kuat sehingga lebih rentan atau berisiko lebih tinggi terjadinya keguguran jika dibandingkan dengan kehamilan trimester kedua.

Setiap ibu hamil harus mengetahui tanda-tanda keguguran sehingga dapat segera melakukan pemeriksaan agar cepat ditangani. Tanda keguguran yang dimaksud yaitu:

Ngeflek atau pendarahan dari jalan lahir. Ini merupakan tanda awal keguguran yang paling sering muncul, biasanya berlangsung secara progresif yakni makin lama makin deres. Namun harus diperhatikan, keluarnya bercak darah bukanlah tanda pasti keguguran. Karena banyak juga ibu hamil yang mengalami hal ini di awal kehamilannya (12 minggu pertama) dan itu ternyata normal.

Kram dan nyeri pada perut bagian bawah. Kram atau rasa sakit pada perut bagian bawah (daerah rahim) bisa jadi merupakan pertanda awal keguguran.

Keluarnya cairan dari jalan lahir. Cairan yang dimaksud dapat berupa gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa. Jangan mengira cairan itu adalah urin. Cairan yang merupakan tanda keguguran kadang berbau dan menyebabkan iritasi/rasa gatal.

Lebih lanjut silahkan baca: Tanda-tanda keguguran

Berdasarkan keterangan atas apa yang ibu alami maka sangat saya anjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan keluhan yang Anda alami merupakan tanda keguguran atau bukan. Karena bisa jadi kehamilan itu dapat dipertahankan dan keguguran dapat dicegah. Atau ketika kehamilan tidak dapat dipertahankan, maka paling tidak jangan sampai membahayakan nyawa ibunya.

Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer