Nyeri Punggung dan Pinggang Karena Saraf Terjepit

Saya sudah operasi HNP 2 kali karena menurut dokter yg menangani saya harus seperti itu. Tetapi setelah 10 bulan dari masa pemulihan masih saja terasa sering nyeri di pinggang. Lebih –  lebih di kaki. Sedangkan saya sudah terapi dan injeksi setelah operasi. Pertanyaannya kalau langkah terakhir sudah saya lakukan yakni oprasi, apa lagi upaya saya untuk mencapai kesembuhan saya dok?

Selamat sore. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

HNP atau Hernia Nukleosus Pulposus adalah suatu penyakit dimana bantalan lunak di antara ruas- ruas tulang belakang mengalami tekanan dan pecah sehingga terjadi penyempitan dan mengakibatkan syaraf yang melewati tulang belakang kita terjepit. Hernia Nukleosus Pulposus atau biasa disebut oleh orang awam penyakit saraf terjepit merupakan salah satu penyebab sering terjadinya nyeri pinggang.

Gejala Hernia Nukleosus Pulposus (HNP)

Gejala yang muncul antara lain:

  • Rasa nyeri tajam pada tungkai, pinggul, bokong dan area lainnya jika syaraf yang terjepit di daerah punggung belakang. Keluhan lain yang muncul juga kaki terasa lemah atau kesemutan.
  • Jika yang terjepit adalah syaraf di sekitar leher, maka sering muncul nyeri saat leher digerakkan, atau nyeri pada bahu dan nyeri yang menjalar di sepanjang lengan atas hingga ke jari. Keluhan lain yang muncul juga timbul rasa baal pada daerah tersebut.
  • Rasa nyeri biasanya cenderung lambat dan makin memberat saat berdiri terlalu lama, saat malam hari, saat bersin, tertawa, batuk, atau saat jalan agak jauh.

Pengobatan Hernia Nukleosus Pulposus
Pengobatan yang bisa dilakukan mulai dari perubahan gaya hidup, minum obat penghilang nyeri, injeksi hingga tindakan operatif. Untuk menentukan terapi, dokter yang memeriksa akan memberikan pilihan terapi yang paling tepat sesuai kondisi pasien.

Prognosis
Setelah dilakukan tindakan operasi, pasien akan mengalami perbaikan kondisi. Tapi terkadang pasien masih akan tetap merasakan nyeri punggung atau area lain sesudah terapi, yang bisa dirasakan mulai dari beberapa bulan paska terapi hingga satu tahun atau malah lebih paska terapi.
Oleh karena itu pasien yang telah dioperasi pun harus tetap menjaga gaya hidupnya dengan cara:

  • Jangan beraktifitas terlalu berat. Hindari aktivitas pekerjaan terutama yang banyak bertumpu pada punggung
  • Kurangi atau hindari mengangkat berat
  • Lakukan olahraga yang sesuai

Hal ini dilakukan untuk menghindari timbulnya keluhan lagi.
Jika rasa nyeri sangat mengganggu anda hingga menghambat aktivitas, maka sebaiknya periksakan diri lagi ke dokter.
Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer