Perkembangan Anak 1 Tahun, Harus Bisa Apa?

Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh orang tua dengan anak balita terutama mengenai perkembangan anak 1 tahun harusnya sudah memiliki kebisaan apa saja hingga mainan anak 1 tahun yang cocok dan bermanfaat untuk menstimulus atau memacu tumbuh kembangnya.

Ada beberapa cara perhitungan kemajuan tumbuh kembang bayi dan balita, salah satunya yang termudah dan bisa digunakan orang tua dirumah adalah skor KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan).  Skrining KPSP ini bisa digunakan hingga anak usia 72 bulan, dengan jadwal pemeriksaan pada umur 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, dan 72 bulan.

Bila anak berusia di antara jadwal pemeriksaan KPSP maka yang digunakan adalah yang lebih kecil dari usia anak. Misalnya, anak anda berusia 6 bulan maka yang digunakan KPSP 6 bulan. Jika anak sudah berusia 10 bulan maka yang digunakan adalah KPSP 9 bulan.

Untuk mengetahui perkembangan anak usia 1 tahun atau 12 bulan maka KPSP yang digunakan adalah KPSP 12 bulan. Berikut adalah daftar pertanyaan yang digunakan untuk menilai kemampuan perkembangan anak usia 1 tahun :

  1. Jika anda bersembunyi di belakang sesuatu, kemudian muncul dan menghilang secara berulang didepan anak, apakah ia akan mencari anda atau mengharapkan anda muncul kembali?
  2. Letakkan pensil di telapak tangan bayi. Coba ambil pensil tersebut dengan perlahan. Sulitkan anda mengambil pensil itu kembali?
  3. Apa anak bisa berdiri selama 30 detik atau lebih dengan berpegangan pada meja/kursi?
  4. Apa anak dapat mengatakan 2 suku kata yang sama seperti “ma – ma” atau ” da-da” atau “pa-pa” ?
  5. Apa anak bisa mengangkat badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
  6. Apa anak bisa membedakan anda dengan orang lain yang belum dikenal?
  7. Apa anak bisa mengambil benda kecil seperti kacang atau kismis dll dengan meremas di antara jari – jarinya?
  8. Apa anak bisa duduk sendiri tanpa bantuan?
  9. Sebut 2 – 3 kata yang bisa ditiru anak. Apa ia mencoba meniru menyebut kata-kata tadi?
  10. Apa anak bisa mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang tanpa bantuan?

Jika anak bisa melakukan 9- 10 hal tersebut maka perkembangan anak dalam usia 1 tahun baik . Jika kurang dari 9 maka anda perlu melakukan stimulus dan melatih anak agar anda bisa mengejar ketertinggalannya. Lakukan latihan secara terus menerus kemudian lakukan penilaian kembali setelah 2 minggu. Jika skor anak masih di bawah 9 maka sebaiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis anak atau ke rumah sakit dengan fasilitas tumbuh kembang.

Mainan untuk anak 1 tahun sebenarnya tidak perlu terlalu banyak namun yang penting bisa digunakan untuk memacu perkembangannya serta mainan tersebut harus terbuat dari bahan – bahan yang aman bagi anak. Mainan untuk anak 1 tahun yang bisa digunakan salah satunya adalah mainan kubus – kubusan yang bisa membantu merangsang perkembangan anak.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer