Sakit Di Bokong Sebelah Kanan

Dok, saya mau tanya ni, ada rasa nyeri pada pinggul sebelah kanan terasa nyeri apa bila sedang istirahat.. Nafsu makan normal, BAB normal, kaki ditekuk ke perut biasa saja, sering bersendawa, buang angin. usia 27, laki2, pekerjaan ADM (ddk dpn komp).

Selamat pagi, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Penyebab nyeri pada pinggul banyak sekali, misalnya : disfungsi pada sendi panggul, ketidakseimbangan otot panggul ataupun dasar panggung, gangguan pada organ-organ di daerah panggul, gangguan koordinasi pada otot yang berperan pada organ pencernaan maupun saluran kencing, penekanan pada syaraf-syaraf sekitar organ panggul ataupun karena kelemahan otot.

Jika saya membaca keluhan anda dimana nyeri pada pinggul tidak disertai adanya keluhan lain maka saya curiga gangguan terjadi pada otot pinggul anda yang sangat mungkin terjadi karena faktor resiko di tempat kerja anda yang aktivitasnya sebagian besar duduk di depan komputer. Programmer komputer, akuntan dan pekerjaan lain yang banyak menghabiskan aktivitasnya selama berjam-jam dalam sehari yang telah berlangsung berbulan bulan bahkan tahunan memiliki resiko tinggi untuk mengalami nyeri pada pinggul yang bersifat kronik.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau mencegah sakit berulang antara lain: Dengan melakukan olahraga streching atau peregangan untuk otot sekitar pinggul, memperbaiki cara duduk saat bekerja, sisipkan waktu istirahat untuk meregangkan otot di sela-sela kerja, memperbaiki cara berjalan, dan kurangi aktivitas yang mengangkat beban berat atau melakukan posisi yang kurang ergonomis.

Namun sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter jika keluhan berlanjut agar mendapat evaluasi dan pemeriksaan secara langsung agar dapat ditentukan diagnosis dan terapi yang paling tepat sesuai dengan penyebab keluhan.

Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer