Gusi Dan Telinga Yang Sakit Secara Mendadak

Selamat malam dok,nama saya Arha. Saya punya masalah pada telinga sebelah kanan Saya.   Dua hari yang lalu,sekitar jam 10:00 pagi,tiba-tiba telinga dan gusi saya terasa sangat sakit dan berdenyut-denyut. Saat itu saya sangat panik karena sebelumnya saya tidak pernah memiliki gejala apapun. Lalu saya meminum obat penghilang rasa nyeri. Dan setengah jam kemudian sakitnya hilang. Tapi hari  inipun sakit itu kambuh lagi. Dan bahkan lebih lama,sekitar satu jam.   Apakah ini ada hubungannya dengan gigi graham saya dok? Karena gigi graham paling belakang saya mengalami keropos. Juga yang disebelah kanan.   Dok,sekiranya apa yang harus saya lakukan jika sakitnya kambuh lagi dan saya masih belum bisa memeriksakan ini ke dokter?   Untuk sekedar informasi, saat ini saya sedang bekerja di   Hong Kong. Atas saran dan rekomendasinya saa ucapkan terima kasih.

Selamat malam. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan kemungkinan besar rasa nyeri yang dirasakan pada gusi dan telinga sebagai akibat dari gigi yang berlubang atau keropos. Gigi berlubang atau keropos merupakan akibat dari bakteri yang berkembang dan menimbulkan infeksi pada gigi. Biasanya infeksi ini bisa menyebar ke gusi dan jaringan sekitarnya serta menjalar ke telinga.

Untuk mengatasinya tentu sumber infeksi harus ditangani terlebih dahulu. Jika keluhan nyeri berlangsung anda dapat mengkonsumsi antibiotik dan anti nyeri untuk membasmi kuman dan mengurangi bengkak dan nyeri. Setelah itu tentu anda harus ke dokter gigi untuk memperbaiki kerusakan pada gigi anda  serta perlu upaya menjaga kebersihan gigi gusi dan area di dalam rongga mulut anda seperti sikat gigi teratur terutama sesudah makan dan sebelum tidur.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer