Sakit Telinga Sampai Rahang dan Kepala


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum. Dokter Ahmad, boleh nanya yaa, saya dalam dua hari ini sakit telinga dok, telinga saya terasa nyeri, apalagi klo di sentuh telinga nya tambah sakit dok, kepala juga ikut sakit. Selain itu rahang saya juga ikutan nyeri sehingga saya jadi susah makan karena sakit buat mengunyah, kira2 itu kenapa yaa dok? mudah2an dokter cepat merespon, trimakasih atas perhatian nya

Jawaban:

Waalaikum salam. Saya mengerti itu memang sangat menyakitkan, rasa sakit pada telinga dengan gejala seperti yang Anda sampaikan itu besar kemungkinan disebabkan oleh adanya peradangan pada liang telinga, dalam istilah medis disebut sebagai otitis eksterna, yaitu peradangan telinga bagian luar.

Seperti telah kita ketahui  bahwa telinga manusia dibagi menjadi tiga bagian : telinga luar, tengah, dan telinga bagian dalam. Pembatas antara telinga tengah dan telinga luar yaitu gendang telinga (membran timpani).

Oleh karena itu, jika dilihat dari luar, pada otitis eksterna ini perdangan terjadi pada liang telinga sebelum gendang telinga. Ini adalah daerah yang sensitif dengan sekeliling liang telinga adalah tulang tengkorak yang keras sehingga ketika terjadi peradangan penekanan akan begitu nyata dan begitu menyakitkan.

sakit telinga

Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang akan memburuk ketika telinga disentuh atau ketika membuka mulut, bahkan rasa sakit bisa menjalar sampai ke kepala dan leher sesuai dengan sisi telinga yang sakit. Jika dilihat liang telinga bisa saja tertutup karena adanya pembengkakan atau memerah karena perdangan yang terjadi atau adanya semacam jerawat / bisul pada liang telinga.

Otitis eksterna ini dapat disebabkan oleh adanya trauma sebelumnya seperti mengorek telinga terlalu kuat dan berlebihan sehingga terjadi lecet lalu meradang, bisa juga disebabkan oleh kotoran telinga yang mengeras kemudian mengembang ketika telinga kemasukan air.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah :

  1. Mengatasi nyeri dengan minum obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter seperti ibuprofen atau parasetamol (baca aturan pakai serta kontraindikasinya)
  2. Pilih makanan lunak yang tidak begitu membutuhkan pengunyahan ekstra.
  3. Hindari mengorek telinga
  4. Lindungi telinga jangan sampai kemasukan air.
  5. Periksakan ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan, apakah benar otitis eksterna yang sedang terjadi atau karena hal yang lainnya. Bila perlu dokter akan memberikan resep tetes telinga yang mengandung antibiotik dengan memperhatikan indikasi dan kontra indikasinya.

Sekian, semoga jawaban ini bisa bermanfaat untuk Anda. Semoga lekas sembuh.. :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer