Sakit Ulu Hati dan Tidak Nyaman Saat Tidur, Kenapa?

Saya berumur 23th. Dua hari ini saya merasakan sakit di daerah ulu hati, nyeri sekali. Sudah diminumi obat tapi masih terasa nyeri dan tidak nyaman buat tidur. Kalau pun buat rebahan, punggung harus diganjal. Kira-kira kenapa ya dok?Apakah berbahaya?

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Keluhan yang anda sampaikan kemungkinan besar karena asam lambung yang meningkat dan refluks/aliran balik ke atas, sehingga menimbulkan keluhan nyeri di ulu hati yang kadang menjalar naik ke dada dan kerongkongan. Dalam dunia kedokteran kondisi ini disebut Gastroesofageal reflux Disease (GERD).

Jika keluhan ini terlalu sering muncul dan tidak diobati memang dapat menimbulkan beberapa komplikasi, salah satunya perlukaan dan perdarahan di saluran cerna bagian atas termasuk kerongkongan. Namun jika diterapi yang tepat dan anda dapat menjaga pola hidup maka keluhan ini dapat diatasi.

Ada beberapa upaya untuk mencegah agar keluhan tersebut tidak muncul antara lain :

  • Jangan berbaring segera setelah makan. Sebaiknya menunggu > 2 jam setelah makan.
  • Sebaiknya jangan makan beberapa jam (4-5jam) sebelum tidur agar perut kosong hingga asam lambung tidak naik
  • Jangan terlalu banyak makan dan minum karena saat terlalu banyak makan, perut terdesak sehingga asam lambung terdorong naik. Sebaiknya makan beberapa kali dalam porsi kecil daripada makan dalam jumlah sekaligus banyak
  • Hindari hal-hal yang dapat meningkatkan produksi asam lambung seperti makanan dengan tingkat keasaman tinggi dan berlemak seperti santan, mie, kubis, kol, kopi, teh, alkohol, dan cokelat.
  • Jangan makan larut malam.
  • Jangan duduk membungkuk ke depan, perut jadi berasa tertekan dan tidak nyaman.
  • Kontrol berat badan dan jika anda merokok sebaiknya dihentikan.
  • Jangan gunakan ikat pinggang ketat atau pakaian yang terlalu ketat.
  • Naikkan posisi kepala tempat tidur 6-10 inci karena berbaring datar menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.
  • Sebaiknya tidak meminum obat penghilang nyeri sembarangan yang malah akan memperberat keluhan nyeri lambung. Konsultasikan dulu ke dokter

Jika hal-hal tersebut sudah dilakukan namun keluhan makin berat dan sering muncul sebaiknya anda memeriksakan lagi secara langsung ke dokter untuk mendapat penanganan yang paling tepat.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer