Sering Bersin Saat Pagi Hari

Selamat pagi. Dokter, saya punya keluhan sering bersin dan mengeluarkan ingus bening dan encer. Kalau dihitung mungkin bisa sampai 50 kali dalam sehari terutama saat pagi hari. Kalau bersin timbul, kadang mata juga  terasa berair. Kadang hidung tersumbat tapi tidak saya anggap sebagai keluhan karena tidak begitu terasa mengganggu. Kira-kira penyebab keluhan saya apa ya dok? Apa mungkin karena alergi dingin atau bisa jadi karena sinusitis? Terimakasih. 

Selamat pagi. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Berdasarkan keluhan yang saudara sampaikan, saya menduga anda mengalami rhinitis alergi. Rhinitis alergi merupakan inflamasi (peradangan) pada hidung akibat alergen seperti debu, jamur, bulu binatang, dan sebagainya. Rhinitis alergi biasanya terjadi pada saat udara dingin, terutama pagi hari.

Pada kebanyakan kasus, gejala rhinitis alergi terdiri dari sebagai berikut:

  • Sering bersin-bersin, terutama saat bangun tidur di pagi hari
  • Hidung berair dan adanya post nasal drip (ingus terasa mengalir dari belakang hidung ke mulut)
  • Sekret hidung (ingus) biasanya bening dan encer. Tapi dapat menjadi kental dan berwarna kekuningan jika disertai infeksi baik pada hidung maupun sinus (sinusitis).
  • Mata berair dan gatal
  • Telinga dan tenggorokan kadang terasa gatal

Anda sebaiknya kontrol ke dokter jika gejala rinitis alergi sampai mengganggu tidur ataupun sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Walaupun agak sulit untuk menghindari alergen, namun tetap sebaiknya anda mengurangi paparan alergen yang diketahui mencetuskan serangan rhinitis alergi.

Pasien yang mengalami rhinitis alergi memiliki resiko yang besar untuk mengalami sinusitis karena sekret/ingus yang menumpuk dan tertahan pada rongga sinus yang pada akhirnya menimbulkan infeksi.

Sekian penjelasan dari saya. Semoga dapat membantu

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

2 Komentar
    • dr. Dina Tri Amalia

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer