Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

Pagi dok, saya Yanti 29 tahun. Mau tanya saya sering buang air kecil , tetapi tidak banyak. Padahal baru buang air kecil belum ada 1 jam sudah merasa mau kencing lagi. Saya sering buang air kecil di malam hari, terkadang suka terbangun karena ingin buang air kecil. Akan tetapi tidak sakit dok. Kira kira itu tanda penyakit apa ya dok, dan apa solusinya? Terima kasih.

Dalam keadaan normal frekuensi atau banyaknya berkemih atau buang air kecil akan menurun pada malam hari. Kebanyakan orang akan tidur selama 6 sampai dengan 8 jam pada malam hari tanpa buang air kecil. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa frekuensi buang air kecil 1 kali pada malam hari masih berada dalam batas normal. Dan dalam 1 hari, normalnya orang akan buang air kecil dalam rentang 4 sampai dengan 8 kali.  Jika anda buang air kecil lebih dari 8 kali dalam sehari atau sering buang air kecil malam hari maka mungkin anda terlalu banyak minum, tidur terlalu cepat atau bisa karena adanya masalah kesehatan yang sedang dialami. Dalam bahasa kedokteran, frekuensi buang air kecil yang sangat sering dalam sehari disebut poliuria, dan sering buang air kecil malam hari disebut nokturia. Terjadinya sering buang air kecil malam hari atau nokturia menyebabkan terjadinya gangguan siklus tidur pada orang yang mengalaminya.

Penyebab Sering Buang Air Kecil Malam Hari

Penyebab sering buang air kecil malam hari bisa karena terlalu banyak minum terutama saat malam hari atau mendekati waktu tidur. Bisa juga karena konsumsi alkohol ataupun minuman yang mengandung kafein pada malam hari. Namun penyebab sering buang air kecil terutama sering buang air kecil malam hari bisa juga disebabkan karena gangguan kesehatan berikut ini:

Penyebab sering buang air kecil yang umum terjadi karena:

  • Infeksi saluran kemih
  • Pembesaran kelenjar prostat (pada laki – laki)

Penyebab sering buang air kecil lainnya antara lain:

  • Gagal ginjal kronis
  • Diabetes melitus
  • Gagal jantung
  • Peningkatan kadar kalsium darah
  • Obat -obat tertentu , misal : diuretik (furosemid, dll)
  • Kehamilan (dimana perut sudah sangat besar dan menekan vesika urinaria atau kandung kemih)
  • Stroke ataupun adanya gangguan persyarafan yang mempersyarafi saluran kemih
  • Dan lain sebagainya

Untuk mengatasi keluhan sering buang air kecil malam hari tergantung dari penyebabnya. Jika karena seringnya atau banyak minum pada saat malam hari maka hal tersebut harus dikurangi atau diberi jarak minimal 2 jam sebelum tidur. Atau jika karena kafein atau alkohol maka hal tersebut juga harus dihindari. Namun jika karena gangguan kesehatan, maka sumber penyebab harus diobati. Silakan memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan dan mendapatkan terapi yang sesuai.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer