Sinusitis dan Ingus Berdarah, Haruskah Operasi ?

Selamat malam dok. Saya sudah dua hari mengalami ingus berdarah di daerah sinus saya.  Saya memang menderita sinusitis, flu menahun dan asma sejak kecil. Pertanyaan saya apakah cara penyembuhan untuk sinusitis saya ini. Apakah harus dengan jalan operasi? Terima kasih dok.

Selamat malam. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

Infeksi pada rongga sinus atau dalam bahasa kedokteran disebut juga dengan sinusitis memiliki beberapa upaya terapi tergantung jenis dan berat ringannya sinusitis itu sendiri. Namun sebelum kita membahas terapinya, perlu diingat lagi bahwa sinusitis terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Sinusitis akut
  • Sinusitis kronis

index

Sinusitis Akut

Jika yang terjadi adalah sinusitis akut atau sinusitis yang berlangsung <4minggu maka pengobatan tidak perlu dengan jalan operasi. Sinusitis akut kebanyakan terjadi karena infeksi virus. Jika penyebabnya adalah virus maka infeksi biasanya dapat sembuh sendiri, sehingga pengobatan yang diberikan hanya pengobatan simptomatik atau diberi obat sesuai gejala saja. Tak perlu pemberian antibiotik pada kasus ini. Namun jika penyebabnya adalah bakteri maka dapat diberikan terapi antibiotik yang sesuai. Pada sinusitis akut akibat bakteri hampir sebagian besar kasus masih responsif dengan pemberian antibiotik.

Sinusitis Kronis

Sinusitis kronis adalah infeksi pada rongga sinus yang berlangsung minimal 12 minggu atau lebih. Untuk jenis sinusitis ini lebih sulit pengobatannya. Sehingga untuk sinusitis kronik karena bakteri, pengobatan dengan antibiotik butuh waktu jauh lebih lama dari sinusitis akut. Dan meski gejala sudah berkurang, pengobatan antibiotik tersebut tetap harus diteruskan hingga obat habis. Hal ini dilakukan agar bakteri tidak aktif kembali. Kadang juga butuh lebih dari 1 jenis antibiotik dan juga kombinasi dengan obat kortikosteroid untuk mengurangi inflamasi/peradangan. Selain itu, kebanyakan sinusitis kronik juga disebabkan oleh jamur. Sehingga tentu tidak memiliki respon dengan pemberian antibiotik. Untuk sinusitis kronis akibat jamur perlu pengobatan antijamur untuk mengatasinya, atau kombinasi antijamur dan kortikosteroid, atau bisa juga dengan tindakan operatif jika kondisi pasien tidak kunjung membaik.
Tindakan operatif sendiri sebenarnya dilakukan jika sinusitis kronik telah diterapi jangka panjang dengan antibiotik atau obat lainnya namun tidak sembuh atau sinusitis yang disertai dengan komplikasi (misal ikut sertanya infeksi tulang).

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer