Sudah Lama Gatal Gatal pada Kulit Bagaimana Solusinya?

Pertanyaan:

Sya menderita gatal gatal sudah setahun 6bulan an…
Brobat sudah gc kurang kurang lgi….
Kta dokter akibat scabies… Sudah di tangani tapi cmn sdkit perubahan….
Dan sya pernah minum jamu cap cobra, emng bnyak perubhan nya, tapi efeck nya kegemukan nafsu mkan meningkat drastis… Tapu kalau aku gc minum jamu itu jangka waktu 5 – 6 hari gatal itu kembali lgi…..
Mohon tanggapan , bantuan n saran nya…..

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaan Anda kepada kami,

Kami sangat paham bahwa kondisi ini sangat menganggu kehidupan Anda. Pada prinsipnya untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit yang sudah berlangsung lama ini maka kita harus cari terlebih dahulu apa penyebabnya agar pengobatan yang nantinya diberikan tepat guna.

Berdasarkan keterangan yang Anda sampaikan, pernah berobat ke dokter dan dikatakan penyebab gatal itu adalah scabies. Sebagai gambaran kalau memang itu skabies maka paling tidak memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Gatal terutama di malam hari
  • Ada anggota keluarga lain yang tinggal dalam satu rumah mengalami gatal yang sama.
  • Gatal biasanya muncul di selangkangan, perut, dan sela-sela jari (kulit yang tipis).

Jika memang skabies maka diperlukan pengobatan khusus berupa salep (scabimite cream) yang dipakai cukup sekali dalam seminggu dan tidak boleh terkena air selama 8-14 Jam. Lebih lengkap silahkan baca: Penyakit Skabies

Namun bagaimana jika penyebabnya bukanlah skabies?

Nah, untuk menentukan hal ini maka perlu diperiksakan ke dokter, terkhusus dokter kulit yang memang berkompeten dalam masalah ini. Jangan sungkan untuk bertanya apa penyebabnya dan kapan Anda harus kontrol.

Mengenai pengobatan dengan jamu cap cobra

Saat ini banyak sekali jamu yang ternyata di dalamnya dibubuhi oleh obat-obatan kimiawi misalnya steroid. Saya tidak dapat memastikan apakah obat yang Anda maksud mengandung zat ini atau tidak, namun saya mencurigainy karena Anda sebutkan bahwa itu menimbulkan efek gemuk dan nafsu makan meingkat serta menimbulkan gejala withdrawal effect, timbul gatal bahkan semakin parah jika tidak meminumnya.

Hal ini terjadi karena memang penggunaan steroid tidak boleh dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter. Jika sudah terlanjur, maka solusinya adalah menghentikan penggunaan steroid secara bertahap (tappering off). Dalam hal ini perlu bantuan dokter. Jadi disamping memeriksakan gatal-gatal pada kulit, tunjukkan pula obat/jamu yang sebelumnya diminum serta kemukakan efek obat tersebut.

Sekian jawaban dari kami, semoga dapat membantu dan gatal-gatal yang Anda alami lekas sembuh.

10 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer