Alasan, Kenapa Susah Makan Setelah Kemoterapi

Selamat siang dok. Saya memiliki saudara yang menerima terapi kemoterapi. Namun setelahnya menjadi susah makan. Kenapa setelah kemoterapi menjadi susah makan seperti itu dok dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih banyak dok.

Selamat siang. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Perubahan atau hilangnya nafsu makan pada pasien kanker atau pasien yang sedang menerima terapi kemoterapi merupakan hal yang biasa terjadi. Pasien dengan nafsu makan yang buruk hanya mengkonsumsi sedikit sekali makanan dari biasanya, tidak merasa lapar sama sekali, atau merasa cepat kenyang setelah makan sedikit saja makanan. Hal ini menyebabkan berat badan semakin menurun, hilangnya massa otot dan tenaga, kondisi pasien semakin lemah dan akhirnya malah dapat semakin memperberat keadaan mereka.
makan

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan Setelah Kemoterapi
Penyebab hilangnya nafsu makan pada pasien paska kemoterapi bisa terjadi karena beberapa sebab, antara lain yaitu:

  • Obat-obatan: obat kemoterapi banyak yang menyebabkan pasien terus menerus mengantuk sehingga membuat pasien menjadi malas makan. Atau obat-obatan ini membuat rasa mual yang sangat mengganggu sehingga membuat pasien semakin tidak mau makan.
  • Dampak dari kankernya sendiri yang mengganggu metabolisme pasien sehingga pasien menjadi malas untuk makan
  • Efek samping dari pengobatan kemo seperti mulut terasa kering, sariawan dan nyeri pada mulut, infeksi di mulut, mual dan muntah, bengkak pada mulut, kesulitan mengunyah, perubahan indra pengecapan dan penciuman, rasa nyeri, lemas, konstipasi, ataupun depresi yang dirasakan akibat pengobatan kemo membuat nafsu makan pasien semkin menurun bahkan tidak ada nafsu makan sama sekali.

Cara Mengatasi Susah Makan
Untuk mengatasi susah makan dan nafsu makan yang berkurang  setelah kemoterapi antara lain dengan cara:

  • Menghilangkan atau mengontrol rasa mual dan muntah yang dirasakan
  • Menstimulus nafsu makan dengan pemberian obat-obatan tertentu
  • Mengatur pola makan dengan makan sedikit-sedikit namun sering. Terutama saat terasa lapar, segeralah untuk makan walau hanya masuk sedikit makanan
  • Makan snack yang memang anda sukai. Bawalah kemanapun anda pergi. Sehingga saat ingin makan, bisa segera disantap.
  • Makan makanan tinggi kalori dan protein, seperti: buah kering, kacang, yogurt, es krim, dll

Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

 

 

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer