Testis Membesar dan Nyeri, Kenapa?

Dok, testis sebelah kiri saya terasa nyeri dan membesar, apa itu bisa disebabkan hernia? jika iya apa ada obatnya tanpa operasi dok. Terima kasih.

Selamat malam. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Penyebab buah zakar membesar dan nyeri ada beberapa sebab antara lain :

  • Infeksi pada buah zakar atau disebut orchitis : gejala yang muncul nyeri pada buah zakar, kemerahan, buah zakar membesar, kadang disertai demam dan keluhan lainnya.
  • Hernia merupakan bagian usus yang turun dan masuk ke dalam kantung buah zakar (skrotum) sehingga buah zakar nampak membesar. Jika telah terganggu pasase usus dan juga ada gangguan vaskularisasinya, maka dapat terlihat kemerahan pada buah zakar, nyeri, disertai keluhan lainnya. Lebih lanjut silahkan baca: Hernia (Turun Berok)
  • Hidrokel merupakan kantung yang berisi cairan yang mengelilingi buah zakar (testis) sehingga skrotum nampak membesar. Biasanya tidak ada keluhan nyeri. Hanya perasaan tidak nyaman yang dirasakan pasien.
  • dan juga karena sebab lainnya.

Untuk memastikan diagnosis dan penyebab keluhan anda sebaiknya anda langsung memeriksakan diri ke dokter karena masing – masing penyakit tersebut memiliki perbedaan yang dapat ditemukan ketika dokter memeriksa secara langsung.

Pengobatan pun bermacam macam tergantung penyebab. Jika memang karena hernia maka terapi yang harus dilakukan tentu dengan tindakan operatif. Tidak ada tindakan lain yang efektif untuk mengatasi hernia jika tidak dengan tindakan operatif. Obat – obatan yang diberikan hanya untuk mengurangi keluhan yang muncul saja, misalnya obat antinyeri. Namun jika penyebab benjolan karena infeksi buah zakar (orchitis), maka dapat diterapi dengan obat – obatan. Misalnya dengan pemberian antibiotik jika penyebab orchitis adalah infeksi bakteri.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer