Masalah Tulang Retak

Dok saya sdh 4 minggu mengalami retak tulang tulang tangan akibat tertimpa benda keras dan tumpul …setelah di x-ray tulang tangan saya mengalami keretakan tapi tidak bergeser …tapi karena faktor biaya saya tidak di gips walau dokter sarankan begitu…saya hanya minum obat penahan sakit dan obat tulang…setelah 4 minggu tangan saya masih sakit kalau membuat gerakan memutar…dan masih ada bengkak sedikit yg belum hilang…apa yg terjadi dok mohon penjelasan nya terima kasih.

Selamat sore. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Proses penyembuhan tulang membutuhkan waktu tergantung dari beberapa hal yaitu antara lain: usia pasien, lokasi patah tulang, bentuk patahan tulang, hingga upaya yang dilakukan untuk penyembuhan tulang. Silakan baca artikel pada link berikut untuk memperoleh penjelasan yang lengkap mengenai waktu penyembuhan patah tulang : patah tulang

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya tatalaksana atau terapi yang diberikan juga mempengaruhi proses penyembuhan setelah patah tulang. Secara umum tulang yang patah perlu di reposisi (jika tulang mengalami pergeseran), setelah itu dilakukan fiksasi dengan pemasangan gips. Fiksasi dengan gips bertujuan agar tulang yang patah tidak bergerak gerak sehingga kalus (jaringan tulang baru) dapat menyelimuti tulang yang patah dengan sempurna. Dengan demikian diharapkan tulang yang patah dapat menyatu lagi dengan sempurna seperti sedia kala.

Oleh karena itu jika tidak digips maka resiko tulang yang patah akan bergeser cukup besar. Sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk penyembuhan tulang dan beresiko pemulihan patah tulang tidak sempurna bentuknya. Seringkali hal ini menimbulkan rasa nyeri pada pasien karena tulang tidak menyatu seperti bentuk sedia kala. Namun rasa nyeri juga muncul ketika tulang dan jaringan sekitarnya belum pulih total. Sehingga saran saya memang anda memeriksakan diri kembali ke dokter secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda.

Untuk masalah biaya anda dapat menggunakan program bpjs untuk mengurangi beban biaya yang anda tanggung.

Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu

dr. Dina

dr. Dina Tri Amalia

Interactive Medical Advisor, mediskus.com

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer