Kurap merupakan salah satu masalah kulit yang mungkin sering kita jumpai, atau bahkan sebenarnya ada yang mengalaminya namun tidak tahu dengan pasti apakah itu memang kurap atau bukan, ini banyak terjadi! Melalui media online ini mari kita sama-sama belajar tentang penyakit kurap, mulai dari pengertian, penyebab, gejala, dan pengobatan.

Pengertian Penyakit Kurap

Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Ada banyak jenis jamur (fungi) yang bisa menyerang manusia dan beberapa di antaranya dapat menginfeksi kulit, kuku, dan rambut. Dalam istilah medis kurap disebut sebagai Tinea atau “infeksi dermatofit” atau “dermatofitosis”, bahasa inggrisnya adalah ringworm.

Penamaan lengkapnya sesuai dengan letak jamur atau anggota tubuh bagian mana yang terkena, seperti kurap pada badan disebut tinea corporis, jamur pada kulit kepala disebut sebagai tinea kapitis, kurap pada wajah disebut tinea facei, dan kurap pada paha dan kaki disebut tinea cruris, dsb.

Penyebab Kurap dan Penularannya

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kurap disebabkan oleh jamur. Jamur ada di mana-mana di lingkungan kita, termasuk pada tubuh manusia. Jamur tumbuh dan berkembang baik pada lingkungan yang hangat, lembab, seperti di kamar ganti, kolam renang, dan di lipatan kulit.

Penyebab Kurap pada kulit badan (tinea corporis) paling sering oleh jamur Trichophyton rubrum, yang menyebar dari satu orang ke orang lain. Selain itu dapat disebabkan juga oleh Microsporum canis, yang disebarkan oleh kucing dan anjing.

Bagaimana seseorang dapat terkena kurap?

  • Kontak. Kontak  langsung dengan kulit seseorang yang memiliki kurap. Kontak tidak langsung, menyentuh atau memakai barang-barang yang sebelumnya telah digunakan oleh orang yang memiliki kurap. Misalnya, handuk, pakaian, sprei atau kursi.
  • Tertular oleh hewan. Beberapa hewan seperti anjing, kucing, kelinci dan sapi yang mengalami infeksi jamur pada kulitnya dapat menularkan, terutama pada anak-anak.
  • Dari tanah. Jamur ada juga di tanah, dan kita juga bisa terkena jamur setelah kontak dengan tanah, walaupun ini jarang.

Gejala dan Tanda Kurap

Berikut ini gejala, tanda dan ciri-ciri penyakit kurap:

Jika kita amati kurap awalnya berupa bulatan/lingkaran kecil pada kulit dan lama kelamaan semakin melebar. Kurap biasanya berwarna merah kecoklatan, bersisik dengan tepi yang lebih jelas dan kulit yang memerah karena meradang (tepi aktif) sedangkan bagian tengah kurang aktif atau bahkan terlihat seperti kulit yang normal (central healing). Dengan penampakan yang seperti ini maka akan terlihat seperti cincin, makanya disebut juga sebagai ringworm.

penyakit kulit kurap

Ruam pada kulit mungkin agak menjengkelkan, tapi kadang-kadang sangat gatal dan meradang. Ruam dapat bervariasi, tergantung pada jenis jamur yang menyebabkan infeksi. Kadang-kadang infeksi kulit jamur terlihat mirip dengan ruam kulit lainnya, seperti pada psoriasis.

Pengobatan Kurap

Kurap dapat disembuhkan dengan tuntas asalkan diobati dengan teratur dan menggunakan obat kurap yang manjur. Obat yang digunakan untuk menghilangkan kurap antara lain:

Krim antijamur

Kita dapat membeli obat kurap berupa krim antijamur di apotek dengan resep dokter. Ada berbagai jenis dan merek – intinya mereka harus mengandung salah satu dari bahan aktif berikut ini: terbinafine, clotrimazole, econazol, ketoconazole atau miconazole.

Umumnya digunakan lebih lama, jika dibandingkan dengan obat gatal pada kulit lainnya.

  • Clotrimazole: dipakai 2-3 kali sehari selama setidaknya empat minggu.
  • Miconazole: dipakai dua kali sehari dan tetap terus digunakan selama 10 hari setelah kulit kembali normal.
  • Econazole: diapaki dua kali sehari sampai kulit kembali normal.
  • Ketokonazol: dipakai sehari sekali atau dua kali dan terus digunakan selama beberapa hari setelah kulit kembali normal.
  • Terbinafine: digunakan sekali atau dua kali sehari selama 1-2 minggu.

Mungkin ini hampir sama dengan obat panu yang memang sama-sama disebabkan oleh jamur.

Untuk kulit yang sangat meradang, dokter mungkin meresepkan krim antijamur yang dikombinasikan dengan krim steroid ringan. Terapi kombinasi ini biasanya digunakan singkat yang tidak lebih dari tujuh hari dan dilanjutkan dengan krim antijamur murni setelahnya hingga jamur benar-benar hilang. Steroid mengurangi peradangan dan dapat meringankan gatal dan kemerahan dengan cepat. Namun, steroid tidak dapat membunuh jamur dan krim steroid murni tidak boleh digunakan untuk mengobati jamur kulit.

Baca juga: Obat Gatal

Obat Kurap: Tablet antijamur

Obat minum diresepkan bagi mereka yang mengalami infeksi jamur kurap yang meluas atau berat. contoh kandungan obatnya yaitu: terbinafine, griseofulvin, atau tablet itrakonazol.

Ingatlah bawwa, tidak semua orang cocok dengan obat kurap tablet ini dan ada beberapa kelompok tertentu yang mungkin tidak boleh menggunakannya meliputi:

  • Wanita yang sedang hamil atau menyusui.
  • Orang dengan penyakit hati tertentu.
  • Memiliki risiko gagal jantung.
  • Memiliki penyakit paru kronis.
  • Penggunaan obat lain yang dapat berinteraksi dengan tablet antijamur.
  • Anak Anak.

Pencegahan

Untuk mencegah penularan kurap, jangan memakai handuk bersama-sama. Cuci handuk, seprai dan pakaian dengan sering. Jangan menggaruk kurap walaupun gatal, karena hal ini dapat lebih mudah menyebarkan jamur ke bagian tubuh lainnya.