10 Jenis Makanan Berkalori Tinggi

Setiap makanan memiliki kadar kalorinya masing-masing ada yang tinggi dan ada yang rendah, kita harus  mengetahuinya walaupun secara kasar. Dengan demikian kita akan menyesuaikan jenis makanan mana  yang cocok untuk kita.

Sebagai contoh jika saat ini berat badan Anda berlebih maka harus menghindari makanan berkalori tinggi, namun sebaliknya jika berat badan Anda kurang, maka tingkatkan jumlah kalori dalam makanan Anda.

Berikut ini 10 daftar makanan berkalori tinggi yang sering kita jumpai.

Lemak & Minyak (minyak ikan, minyak sayur)

Makanan berminyak atau berlemak tinggi adalah sumber kalori yang paling tinggi karena dalam 100 gram minyak sayur mengandung 902 kalori, atau dalam satu sendok makan (13 gram) mengandung 117 kalori. Makanan berminyak bisa terdapat dalam gorengan, kerupuk, keripik, gajih, dan lain-lain.

Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mete, almon, biji semangka, dan biji rami serta produk olahannya seperti peanut butter merupakan sumber makanan berkalori tinggi yaitu dalam 100 gram kacang tanah mengandung 718 kalori. Namun demikian, kacang juga kaya akan protein, serat, vitamin E, magnesium, seng, folat, dan magnesium yang menyehatkan.

Coklat

Coklat kakao yang sering menjadi bahan pembuatan kueh ini ternyata memiliki kaori yang tinggi yaitu dalam 100 gram coklat hitam mengandung 589 kalori.

Alpukat

Di samping kaya serat, asam folat, dan lemak jenuh. Alpukat juga mengandung banyak kalori yaitu dalam 100 gram mengandung 160 kalori.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji umumnya mengandung kalori yang tinggi seperti hamburger,pizza dan kentang goreng karena kandungan lemak yang tinggi. Sementara kandungan nutrisi yang menyehatkan begitu sedikit.

BURGER

Susu

Susu whole milk memang memiliki kalsium yang tinggi dan baik bagi tubuh, namun susu jenis ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yang membuatnya berkalori tinggi yaitu dalam 100 gram mengandung 452 Kalori.  Tips agar kita mendapat manfaat kalsium dari susu tanpa mendapatkan lemak, maka gantilah susu Anda dengan yang bebas lemak atau minimal yang yang sudah dikurangi kandungan lemaknya. Cukup banyak tersedia di pasaran.
Ikan Berlemak

Berbagai jenis ikan berlemak seperti meckerel, salmon, sarden, dan ikan berlemak lainnya merupakan jenis makanan berkalori tinggi. Dalam 100 gram mengandung 300-400 kalori.

Daging

Daging serta daging olahan seperti hot dog, sosis dan lainnya, mengandung lemak tinggi sehingga kadar kalorinya juga tinggi. Disamping itu mengandung kadar garam yang tinggi pula. Jadi harus dihindari bagi penderita darah tinggi serta risiko penyakit jantung.

Es krim

Mungkin banyak yang tergoda dengan kelezatannya, namun tahukah Anda es krim merupakan jenis makanan yang amat tinggi kandungan lemak, gula dan kalorinya. Oleh karena itu, jangan sering-sering mengonsumsinya jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda begitu mudah kita dapatkan, sehingga banyak digunakan sebagai pelepas dahaga yang menyegarkan. Namun tahukah Anda, hampir semua jenis minuman bersoda memiliki kandungan pemanis buatan serta gula yang tinggi yang apabila kita banyak mengonsumsinya maka kita akan mendapatkan banyak kalori. Jadi sebisa mungkin menghindarinya jika Anda sedang berdiet.

Itulah 10 jenis makanan berkalori tinggi yang perlu kita ketahui agar kita dapat dengan bijak mengonsumsinya. Salam Sehat!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer