10 Makanan Anjuran untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari.

Jangan beranggapan bahwa kita tidak membutuhkan kolesterol, zat lemak ini tetap kita butuhkan dan memang sangat penting untuk kehidupan, namun jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah kita, maka dapat merusak kesehatan terutama yang terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. Oleh sebab itu selain menggunakan obat penurun kolesterol, kita juga harus memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia mendapatkan kolesterol dari makanan dan juga hasil metabolisme dalam tubuh. Hampir semua makanan mengandung beberapa lemak, yang merupakan sumber penting dari energi dan juga membantu untuk memproduksi hormon dan membangun sel-sel. Lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan terutama kadar kolesterol jahat, atau LDL, yang lebih tinggi. Terlalu banyak LDL akan membuat masalah pada pembuluh darah arteri. Lemak trans terbentuk ketika lemak terhidrogenasi, jenis lemak ini akan menjadi lebih buruk karena dapat meningkatkan kolesterol jahat sementara kolesterol baik menjadi lebih rendah.

Baca: 8 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

Makanan Bebas Kolesterol untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Perlu dipahami bahwa dalam darah kita terdapat dua macam kolesterol, yaitu kolesterol baik dan jahat, jika kadarnya seimbang maka tubuh tetap sehat, namun apabila kolesterol jahat lebih tinggi, maka akan timbul masalah penyakit kolesterol. Oleh sebab itu menjaga keseimbangan kolesterol baik dan jahat sangatlah penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Baca: Kadar Kolesterol Normal yang Sebenarnya

Diet sehat dapat membantu menurunkan keinginan berlebihan terhadap makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan menurunkan kolesterol jahat, menjaga kolesterol baik, serta membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Jika Anda sudah menerapkan pola makan dengan makanan bebas kolesterol, maka teruslah pertahankan. Namun jika tidak, mulai sekarang konsumsilah 10 jenis makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi berikut ini.

1. Beras dan Biji-bijian

kacang-kacangan makanan bebas kolesterol

Ini merupakan jenis makanan bebas kolesterol yang banyak tersedia dan bahkan menjadi makanan pokok. Kacang-kacangan, beras dan roti, banyak mengandung pati dan hanya memiliki sedikit atau tidak ada kolesterol di dalamnya dengan catatan tidak ada penambahan bahan yang mengandung lemak selama pengolahan.

2. Kentang

kentang rendah kolesterol

Kentang adalah salah satu makanan bebas kolesterol. Seperti roti dan kacang, meskipun kita harus berhati-hati bagaimana kentang siapkan, karena kebanyakan kentang disajikan dalam bentuk kentang goreng yang memiliki kandungan kolesterol yang rendah, tetapi tinggi lemak. Ketika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi dan ingin mengonsumsi makanan ini, maka yang terbaik adalah kentang goreng atau kentang panggang.

3. Jamur

jamur makanan untuk penderita kolesterol

Jamur merupakan pilihan yang cocok sebagaii makanan bebas kolesterol. Secara tersendiri jamur bisa menjadi makanan untuk penderita kolesterol tinggi asalkan tidak ada pencampuran bahan yang mengandung lemak dalam penyiapan ataupun penyajian.

4. Ikan

ikan makanan untuk penderita kolesterol

Banyak ikan air tawar yang tinggi asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Ada banyak jenis ikan yang memiliki manfaat hampir sama. Perhatikan juga cara pengolahannya yang terbaik adalah ikan kukus dan panggang, hindari mengolah ikan dengan cara digoreng.

5. Bawang putih dan Bawang

bawang makanan untuk penderita kolesterol

Bawang putih akan menjaga darah agar bebas dari kolesterol jahat. Jika Anda ingin camilan lezat, Anda dapat didihkan seluruh siung bawang putih dalam minyak zaitun dan kemudian menyebarkannya di piring, kerupuk, roti atau makanan lain yang rendah kolesterol.

Bawang merah, seperti halnya bawang putih, mengandung antioksidan. Bahan-bahan ini tentu saja akan menjadi bumbu dalam masakan baik berupa tumis, panggang atau dimasak dengan cara lain, tapi bawang mentah memiliki kadar nutrisi tertinggi yang baik untuk jantung sehat.

6. Tahu

tahu penurun kolesterol

Tahu bukanlah pilihan utama sebagai makanan untuk penderita kolesterol tinggi, namun ketika itu dimasak dengan benar, dapat menjadi pengganti yang baik untuk daging di banyak hidangan. Tahu yang memiliki struktur seperti spons, dapat menyerap rempah-rempah, bumbu-bumbu dan menambah kekayaan hidangan serta menciptakan rasa enak dalam setiap hidangan.

7. Kacang

kacang makanan penderita kolesterol tinggi

Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan juga memiliki magnesium, vitamin E dan fitokimia yang telah dikaitkan dengan kesehatan jantung. Orang yang rutin makan kacang-kacangan memiliki resiko rendah terkena penyakit jantung dan penyakit lainnya daripada yang tidak mengonsumsi kacang-kacangan. Lemak tak jenuh tunggal dalam kacang-kacangan juga baik untuk sendi daripada lemak tak jenuh ganda dalam safflower dan minyak jagung.

8. Teh

teh penurun kolesterol tinggi

Teh penuh dengan antioksidan, apakah disajikan dingin atau panas. Teh membantu menjaga pembuluh darah rileks dan mencegah pembekuan darah. Antioksidan utama dalam teh, flavonoid, telah dikenal dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL. Antioksidan kuat dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol.

Satu cangkir teh panas mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah atau sayuran lainnya. Baik teh hitam atau hijau memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Minumlah setidaknya secangkir teh setiap hari!

9. Bayam

bayam penurun kolesterol

Pilihan yang sangat baik ketika berbicara tentangg makanan untuk penderita kolesterol tinggi adalah bayam, bayam memiliki banyak lutein, yang merupakan pigmen sinar matahari kuning yang ditemukan dalam kuning telur dan sayuran berdaun hijau gelap. Lutein memiliki reputasi besar dalam menjaga mata agar terhindar dari degenerasi makula, penyebab utama kebutaan. Disarankan hanya dengan mengonsumsi setengah cangkir makanan kaya lutein setiap hari agar tubuh terlindung terhadap serangan jantung dengan membantu dinding arteri melepaskan setiap kolesterol yang menyebabkan penyumbatan.

10. Alpukat

alpukat makanan untuk penderita kolesterol tinggi

Alpukat merupakan makanan sehat penurun kolesterol yang baik untuk jantung  karena mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang membantu meningkatkan kolesterol baik sambil menurunkan kadar kolesterol jahat, LDL. Alpukat juga memiliki beta-sitosterol, yang merupakan lemak nabati menurunkan kolesterol yang diserap dari makanan. Dengan kombinasi zat ini dengan lemak tak jenuh tunggal, alpukat merupakan makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi.

Tips Agar Kolesterol Cepat Turun:

1. Berusaha meninggalkan makanan tinggi kolesterol bukan berarti Anda harus berhenti makan. Memang, bagaimanapun, berarti Anda harus berhati-hati untuk mencermati setiap kandungan gizi bahan makanan yang hendak dikonsumsi dan menjadi lebih kreatif bagaimana menghidangkan makanan rendah kolesterol tetapi dengan rasa yang tetap enak. Semakin banyak Anda bereksperimen dengan makanan, maka Anda akan semakin menikmatai makanan-makanan sehat tersebut.

2. Olahraga teratur ditambah diet bebas kolesterol dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Anda juga akan mengalami banyak manfaat terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah. Olahraga terbaik adalah selama 30 menit atau lebih berupa latiha aerobik yang diruntikan selama 5 hari atau lebih dalam seminggu.

3. Gunakan obat penurun kolesterol sesuai yang direkomendasikan oleh dokter. Baca juga: 20 Jenis Obat Kolesterol Generik dan Paten

Cukup sekian pembahasan mengenai jenis-jenis makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi, semoga ini bisa memberi manfaat untuk banyak orang, termasuk Anda. Salam Sehat!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer