10 Makanan Tebaik untuk Kesuburan

Ada banyak sekali pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan momongan. Namun, terkadang kenyataan tak semulus apa yang diimpikan. Mungkin telah banyak melakukan cara agar cepat hamil, namun tak kunjung berhasil.

Disamping berkonsultasi dengan dokter ahli kesuburan, pertimbangkan juga untuk memperhatikan makanan sehari-hari, karena ini sebenarnya juga memiliki peran yang tidak sedikit, tapi sayangnya banyak yang mengabaikannya.

Jika Anda ingin segera mendapatkan momongan, jangan lupa untuk makan makanan terbaik untuk kesuburan wanita maupun pria sebagai berikut:

Buah Pisang
pisang untuk kesuburan
Buah ini sangat baik untuk kesuburan karena kaya akan vitamin B6. Vitamin ini merupakan salah satu vitamin yang paling penting dalam membantu pembuahan krena pengaruhnya terhadap hormon. Sebaliknya kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan juga dapat menyebabkan sel telur pada wanita dan sperma pada pria kurang berkembang dengan baik.

Asparagus

Asparagus masuk dalam daftar ini karena ia kaya akan asam folat yang baik untuk kesuburan. Beberpa studi telah menemukan bahwa asam folat dapat membantu mengurangi risiko kegagalan ovulasi. Perempuan juga sangat disarankan untuk minum suplemen asam folat ketika merencanakan kehamilan. Asam folat ini juga yang sering diresepkan oelh dokter menjelang kehamilan saat kehamilan dan setelah melahirkan. Ketahui sumber asam folat lainnya.

Buah Jeruk

Sebuah studi yang dilakukan dengan cara memberi pria infertil vitamin C sebanyak 1.000 mg dua kali sehari, didapatkan hasil bahwa jumlah sperma dan motilitasnya (kemampuan bergerak dengan benar terhadap telur) menjadi meningkat. Vitamin C ini juga berfungsi membantu meningkatkan keseimbangan hormon pada wanita. Salah satu sumber vitamin C yang cukup terkenal adalah jeruk, namun ada makanan lain yang mengandung vitamin C lebih tinggi, ketahui disini: Sumber Vitamin C Tertinggi.

Kerang

Kerang kaya akan vitamin B12 yang juga baik untuk kesuburan. Hal ini sesuai dengan hasil studi yang telah menyatakan adanya hubungan antara defisiensi B12 dan tingkat estrogen yang abnormal yang dapat mengganggu implantasi telur yang telah dibuahi. Vitamin B12 juga dapat membantu memperkuat lapisan endometrium (rahim) dalam pembuahan sel telur dan mengurangi risiko keguguran.

Telur

Sebuah penelitian dengan cara melakukan pengukuran kadar Vitamin D dari 67 wanita infertil (mandul) dan ditemukan bahwa hanya 7% dari mereka yang memiliki kadar vitamin D normal. Penelitian itu juga menemukan bahwa tidak ada pasien PCOS yang memiliki kadar vitamin D normal. Itulah mengapa vitamin D yang salah satu sumbernya adalah telur sangat penting bagi kesuburan wanita mupun pria. Lebih lanjut baca: Sumber Vitamin D

Kacang Almond

Karena kandungan vitamin E yang tinggi, kacang almond juga layak untuk dipertimbangkan sebagai makanan untuk mempercepat kehamilan. Hal ini dibuktikan oleh studi yang menunjukkan bahwa vitamin E dapat meningkatkan kesehatan sperma pada pria. Kekurangan vitamin E juga telah dikaitkan dengan kemandulan pada tikus betina. Jika Anda tidak yakin bahwa percobaan dengan tikus beum tentu terbukti pada manusia, tetap ingatlah bahwa vitamin merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh serta dapat membantu melindungi sperma dan DNA telur.

Tahu

Tahu menjadi makanan untuk kesuburan yang baik karena kandungan zat besi (iron) nya. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang tidak mendapatkan zat besi dalam jumlah yang cukup mungkin menyebabkan terhambatnya ovulasi dan sel telur yang kurang sehat, yang dapat menghambat kehamilan pada tingkat 60% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang cukup zat besi. Makanan kaya akan zat besi lainnya silahkan baca: Sumber Zat Besi

Kacang Polong
kacang polong
Pemberian zinc pada pria infertil telah terbukti dapat meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki bentuk, fungsi dan kualitas sperma pria. Bagi wanita, kurangnya zinc dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Ternyata zinc juga terkandung dalam kacang polong, sehingga sayuran ini menjadi salah satu pilihan makanan untuk kesuburan.

Ikan Salmon
ikan salmon
Dalam hal ini kita melihat manfaat selenium pada ikan salmon. Mineral ini menghasilkan antioksidan yang melindungi telur dan sperma dari radikal bebas. Dengan demikian dapat membantu mencegah kerusakan kromosom, yang diketahui menyebabkan cacat lahir dan keguguran. Penelitian juga menunjukkan bahwa selenium juga dapat membuat sperma lebih subur.

Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri merupakan makanan yang baik untuk kesuburan karena kandungan asam lemak esensial yang penting untuk sistem reproduksi yang kuat pada wanita. DHA, salah satu asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan sperma. Kekurangan asam lemak menyebabkan peningkatan kolesterol dalam membran sperma yang mencegah pematangan sperma.

Daftar makanan di atas hanya sebagai contoh, tapi lihatlah kandungan vitamin atau mineral apa yang berperan baik bagi kesuburan lalu pelajari sumber-sumber makanan lain yang juga mengandung itu, sehingga kita tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan dengan beragam jenis makanan yang kita konsumsi. Sekian, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer