10 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Terbaik

Layaknya vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh, vitamin D juga memiliki fungsi penting yang utama yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Nah, sekarang tinggal bagaimana cara kita memenuhi kebutuhannya dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Hal ini sangat penting, karena kurangan vitamin D dapat menyebabkan deformitas tulang seperti rakhitis pada anak-anak, dan nyeri tulang dan nyeri akibat kondisi yang disebut osteomalacia pada orang dewasa.

Selanjutnya, rendahnya tingkat vitamin D dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, meningkatkan risiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk, dan osteomalacia, kondisi otot dan tulang melemah. Sebaliknya, kelebihan vitamin D dapat menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak kalsium, yang menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan batu ginjal.

Oleh karena itu, kita harus perhatikan kebutuhan harian vitamin D, yaitu 600 – 4000 IU perhari (untuk dewasa). Jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin D antara lain: minyak ikan, ikan berlemak, hati sapi, keju, kuning telur, dan jamur tertentu. Sumber Vitamin D lainnya yaitu secara alami diproduksi oleh tubuh ketika kulit kita terpapar sinar matahari.

Lebih lengkap, berikut daftar sumber makanan yang mengandung vitamin D :

Minyak Ikan kod
Minyak ikan cod sangat kaya akan vitamin D. Bahkan cukup dengan satu sendok teh perhari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian dengan kandungan vitamin D sebanyak 500 IU.

Ikan berlemak
Ikan laut seperti salmon, sarden dan tuna adalah sumber vitamin D yang besar. Jika kita mengonsumsi minimal 100g perhari sudah cukup memenuhi kebutuhan harian vitamin D.

Telor
Makanan hewani yang mudah didapat ini merupakan sumber vitamin D yang baik. Dalam satu butir telur ukuran sedang (50g) mengadung 44 IU Vitamin D atau setara dengan 17% kebutuhan harian.

Tahu dan tempe
Produk olahan kedelai ini juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D yang cukup populer. Dalam 100mg tahu mengadung sekitar 157 IU vitamin D atau setara dengan 26% kebutuhan harian.

sumber vitamin D

ada yang mau??

Susu Kedelai
Produk kedelai lainnya yang tak kalah pentingnya sebagai sumber vitamin D yaitu susu kedelai. Dalam secangkir susu kedelai (245g) mengaandung 130 IU vitamin D.

Susu dan produknya
Susu dan berbagai jenis makanan yang terbuat darinya seperti keju juga kaya akan vitamin D. Susu juag mengandung kalsium, maka tak heran banyak iklan yang mempromosikan produk susu untuk kesehatan tulang dan gigi.

Hati sapi
Selain terkenal sabagai makanan penambah darah karena kandungan zat besi, vitamin B, dan asam folat yang tinggi. Hati sapi juga menjadi sumber vitamin D yang bagus.

Jamur
Mungkin saat ini telah banyak tersedia makanan olahan yang terbuat dari jamur seperti jamur crispy dan lainnya. Jangan sia-siakan karena jamur juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D. Karena jamur secara ajaib menyimpan vitamin D dari sinar matahari. Dalam 100mg jamur mengandung 446 IU Vaitamin D.

Udang
Dalam 85 gram udang mengandung 129 IU vitamin D atau setara dengan 32% kebutuhan harian. Selain vitamin D, Udang juga kaya akan protein dan mineral penting seperti zink, yang membantu menunjang sistem kekebalan tubuh.

Tiram
Lebih dahsyat lagi dari udang, ternyata tiram memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi. Dalam 85 gram tiram mengandung 272 IU vitamin D atau setara dengan 68% kebutuhan harian. Seperti golongan seafood lainnya tiram juga menjadi sumber mineral penting, zinc.

Penuhi kebutuhan harian vitamin D anda dengan sumber alami seperti di atas, instead of produk suplemen. Semoga bermanfaat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer