100 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Banyak Ibu-ibu menyusui anaknya karena tahu akan manfaat ASI yang luar biasa banyak. Terutama pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, yakni bayi baru lahir hanya diberi ASI tanpa makanan dan minuman lainnya sampai usia 4-6 bulan.

Begitu pentingnya manfaat ASI, American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian ASI selama setidaknya tahun pertama kehidupan, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI selama setidaknya dua tahun pertama kehidupan.

Banyak keluarga menyusui bayinya karena mereka tahu bahwa susu eksklusif begitu bermanfaat bagi kesehatan ibu maupun bayi. Namun yang lain banyak yang tidak yakin bahwa ASI eksklusif saja tidak cukup sehingga ditambah dengan susu formula atau makanan lain. Bahkan beberapa keluarga tidak memberika ASI sama sekali karena tidak menyadari manfaat ASI bagi ibu dan bayi yang tidak hanya berguna pada saat itu saja melainkan dan seumur hidup.

manfaat asi eksklusif

101 Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi

Air susu ibu yang pertama kali keluar disebut dengan kolostrum yang warna kuning tua. Susu ini sangat kaya nutrisi dan termasuk antibodi untuk melindungi bayi dari infeksi. Kolostrum juga membantu sistem pencernaan bayi yang baru lahir untuk tumbuh dan berfungsi baik.

Kolostrum akan berubah menjadi susu matang pada hari ketiga atau hari kelima setelah melahirkan. Susu matang ini memiliki komposisi lemak, gula, air, dan protein dalam jumlah yang tepat untuk membantu bayi terus tumbuh. Air susu ibu ini terlihat lebih encer dari kolostrum, tetapi memiliki nutrisi dan antibodi yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan yang sehat.

Manfaat ASI Eksklusif Pada Bayi

  1. Bayi akan lebih kebal terhadap penyakit infeksi, karena dalam ASI Eksklusif terkandung zat-zat imun dari ibu.
  2. Penting bagi perkembangan sistem kekebalan tubuh bayi secara dini
  3. Kejadin infeksi telinga atau congekan menjadi menurun berkat ASI
  4. Penurunan risiko diare
  5. Penurunan risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)
  6. Bayi menjadi tidak atau jarang dirawat di rumah sakit karena penyakit serius

Air susu ibu  diprosuksi oleh tubuh manusia (Ibu) dan diformulasikan khusus untuk anak manusia (Bayi), tentu ini adalah produk spesial yang memenuhi semua kebutuhan bayi, bahkan formulanya tidak dapat ditiru oleh susu formula secanggih apapun.

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu yang Menyusui

  1. Rahim kembali ke ukuran normal lebih cepat dan ibu sehingga hal ini akan mengurangi pendarahan dan kehilangan darah setalah melahirkan
  2. ASI eksklusif menunda kembalinya kesuburan pada kebanyakan wanita
  3. Kebutuhan insulin berkurang pada ibu diabetes
  4. Manfaat psikologis: meningkatnya kepercayaan diri dan meningkatkan ikatan emosional ibu dengan bayi
  5. Membantu ibu untuk mendapatkan waktu istirahat yang dibutuhkan karena ketika ibu menyusui maka hal ini akan mengharuskannya untuk duduk atau berbaring dengan bayi setiap beberapa jam.

Manfaat ASI Jangka Panjang Bagi Bayi

  1. Mengurangi obesitas pada anak
  2. Mengurangi risiko beberapa penyakit kronis yang berkembang selama masa kanak-kanak termasuk:
    • Diabetes pada anak
    • Kanker pada anak
    • Penyakit alergi / asma
  3. Peningkatan perkembangan saraf yang dapat mengakibatkan IQ yang lebih tinggi dan penglihatan yang lebih baik
  4. Menyusui di payudara ibu akan mempromosikan perkembangan rahang bayi yang baik dan mendorong pertumbuhan gigi lurus dan sehat.

Itulah sederet manfaat penggunaan ASI eksklusif secara dini, hal ini bisa dilakukan dengan baik menggunakan metode Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Bayi Baru Lahir

Manfaat ASI Jangka panjang Bagi Ibu

  1. Berat badan ibu akan kembali dengan cepat seperti sebelum hamil.
  2. Mengurangi risiko kanker payudara, ovarium, dan kanker rahim.
  3. Mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.

Manfaat Sosial dan Ekonomi 

  1. Susu ibu atau ASI akan menghemat biaya pengeluaran rumah tangga dibanding dengan harus selalu membeli susu formula yang semakin mahal.
  2. Anak-anak yang sekolah atau anak-anak yang sudah tumbuh dewasa dan bekerja akan jarang absen karena kesehatannya yang baik
  3. Mengurangi biaya perawatan kesehatan, karena bayi yang diberikan ASI eksklusif biasanya akan jarang sakit.
  4. Penggunaannya praktis dan nikmat bagi bayi, karena ASI selalu tersedia pada suhu yang tepat, dan tidak memerlukan persiapan yang repot, merebus atau menghangatkan air, mencuci botol susu, dan sebagainya.

Daftar di atas hanyalah beberapa contoh manfaat yang dapat kami himpun, di luar itu kami yakin masih banyak manfaat air susu ibu lainnya bahkan jumlahnya lebih dari seratusan karena ASI merupakan karunia tuhan untuk sang buah hati.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat ASI eksklusif seperti di atas, apakah Anda tega menggantikannya dengan makanan atau minum lain yang lebih rendah kualitasnya? tentu tidak!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer