12 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manusia diciptakan lengkap dengan sistem kekebalan tubuh. Hal ini sangat penting untuk melawan berbagai jenis bibit penyakit mulai dari virus, bakteri, parasit, dan radikal bebas serta racun-racun yang mengancam kesehatan. Ancaman tersebut selalu datang tanpa kita sadari, namun daya tahan tubuh kita secara otomatis merelainya.

Begitu pentingnya, maka kita harus selalu menjaga daya tahan tubuh kita agar jangan sampai menurun bahkan menjadi lemah. Salah satu faktor yang dapat menopangnya adalah asupan makanan sehari-hari. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan kami sampaikan beberapa makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jaga dan tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan berikut ini:

Jamur

jamur peningkat daya tahan tubuhJamur mengandung mineral selenium dan antioksidan. Penting untuk memenuhi kebutuhan selenium, karena rendahnya kadar selenium telah dikaitkan dengan peningkatan risiko flu yang lebih parah. Disamping itu jamur juga mengandung vitamin B riboflavin dan niacin,  berperan dalam menunjang sistem kekebalan tubuh yang sehat. Penelitian yang telah dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa jamur memiliki efek antivirus, antibakteri, dan anti-tumor.

Tiram

Tiram menjadi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena ia mengandung mineral seng atau zinc. Kadar zinc rendah telah dikaitkan dengan infertilitas pria. Dan seng tampaknya memiliki beberapa efek antivirus, meskipun para peneliti belum dapat menjelaskannya.

Buah Semangka

meningkatkan daya tahan tubuhBuah yang kaya air dan menyegarkan ini, ternyata memiliki banyak antioksidan yang kuat, yaitu glutathione. Zat ini dikenal dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi infeksi, glutathione ditemukan dalam daging buah semangka yang merah dan yang didekat kulit (berwarna putih).

Kubis

Tambahkan kubis dari setiap varietas (putih, merah, Cina) pada sup dan minuman agar anda mendapatkan antioksidan ekstra. Selain dapat meningkatkan nilai gizi pada makanan, kubis juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kacang almond

Kacang almond dapat menopang sistem kekebalan tubuh. Seperempat cangkir kacang almond mengandung hampir 50% dari jumlah kebutuhan vitamin E harian, yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B juga bagus untuk sistem pertahanan tubuh.

Jeruk

Jeruk dapat menjadi makanan yang baik karena mengandung flavonoid yaitu senyawa kimia alami yang telah ditemukan untuk meningkatkan aktivasi sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang juga bisa menjadi penambah daya tahan tubuh.

Yogurt Rendah Lemak

Beberapa peneliti percaya bahwa yogurt rendah lemak dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Juga menjadi sumber vitamin D. Penelitian terbaru telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan meningkatnya risiko terkena flu dan batuk pilek.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melawan penjajah sistem kekebalan tubuh. Di antara target bawang putih adalah H. pylori, bakteri yang dapat menyebabkan tukak lambung dan kanker lambung.

Sayur Bayam

Dikenal sebagai “makanan super” bayam kaya nutrisi. Mengandung asam folat, yang membantu tubuh memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi sehingga baik bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Teh

Teh Hijau atau hitam, keduanya bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, karena sama-sama memilik manfaat melawan penyakit karena kandungan polifenol dan flavonoid. Antioksidan ini mencari radikal bebas yang merusak sel dan menghancurkannya.

Ubi

Seperti wortel, ubi jalar memiliki antioksidan beta-karoten, bermanfaat mengusir radikal bebas yang merusak sel. Ubi jalar juga mengandung vitamin A, yang dapat memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Brokoli

Satu studi melaporkan bahwa zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh pada tikus. Selain itu brokoli juga mengandung banyak nutrisi yang melindungi tubuh dari kerusakan. Memiliki vitamin A, vitamin C, dan glutathione. Lebih lanjut silahkan baca: Manfaat brokoli

Jangan sampai kita melewatkannya dalam menu makanan kita sehari-hari. Salam sehat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer