14 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Alami

Ada banyak cara yang dilakukan oleh penderita kolesterol tinggi dalam menurunkan kolesterol, diantaranya dengan mengatur pola makan sehat, salah satu caranya dengan mengonsumi buah penurun kolesterol.

Ya, buah-buahan segar dapat menurunkan kolesterol dengan cara alami, meskipun prosesnya berlangsung lebih lambat dibanding menggunakan obat penurun kolesterol, namun dengan mengonsumsi buah akan didapatkan hasil yang lebih memuaskan karena lebih aman dan tanpa efek samping.

Baca juga: Kadar Kolesterol Normal yang Sebenarnya

Lantas, apa saja buah yang dapat menurunkan kolesterol jahat? berikut akan kami rangkumkan untuk Anda dan jangan khawatir! karena ada banyak jenis buah, ketika Anda tidak menyukai salah satu atau beberapa, Anda dapat memlilih alternatif buah yang lainnya.

buah penurun kolesterol tinggi

Daftar Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Selain buah, pertimbangkan juga untuk mengonsumsi 10 Makanan Anjuran untuk Penderita Kolesterol Tinggi

1. Jeruk Nipis

jeruk nipis penurun kolesterol

Jeruk nipis sangat kaya akan flavonoid yang dikenal sebagai flavones polymethoxylated, antioksidan yang memiliki efek yang kuat untuk menurunkan kolesterol, terkhusus kolesterol jahat LDL.

Di samping itu jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi yang berperan tidak hanya membantu mencegah kerusakan akibat kolesterol LDL tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, karena dapat menurunkan kolesterol total secara keseluruhan. Studi menunjukkan hasil yang berbeda-beda dan telah menggunakan suplemen vitamin C dalam jumlah antara 100 sampai 1.000 miligram per hari.

2. Jambu Biji/jambu merah

jambu biji untuk menurunkan kolesterol

Ini merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang baik, karena jambu biji merah atau Guava ini mengandung banyak vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium. Kesemuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Adapaun yang berperan sangat banyak dalam menurunkan kolesterol adalah Antioksidan flavonoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Hal ini dibuktikan melalui penelitian, bahwa konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dalam dosis terukur dapat menurunkan kolesterol sampai 53% dari total 83% kolesterol LDL.

3. Buah Anggur

anggur penurun kolesterol

Anggur ini mengandung zat yang berperan aktif menurunkan kolesterol, yaitu senyawa flavonoid, di samping itu senyawa ini juga mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas.

Selain itu, buah anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol LDL sekaligus menaikkan kolesterol baik, HDL.

4. Buah Delima

Tidak hanya dapat menurunkan kolesterol, buah delima juga mengandung zat yang dapat menghilangkan plak dalam aliran darah sebagai akibat tingginya kolesterol darah fungsi ini diperoleh dari kandungan oksida nitrat yang terdapat dalam buah delima.

Kabarnya lagi, kandungan antioksidan dalam buah delima ternyata tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah.

5. Mangga

Buah mangga juga merupakan salah satu sumber Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi penyebab utama terjadinya plak (penimbunan) kolesterol pembuluh darah.

Di sisi lain, buah mangga juga merupakan salah satu sumber makanan kaya serat yang dapat mengurangi masuknya kolesterol ke dalam aliran darah pada tahap pencernaan.

6. Buah Berry

Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori berry terkenal kaya akan pterostilbene yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Selain dapat menurunkan kolesterol jahat, zat ini juga dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri yang jika biarkan bisa menyebabkan serangan jantung koroner dan stroke.

7. Alpukat

Ada anggapan bahwa Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehingga banyak yang menghindari karena takut gemuk atau menderita kolesterol tinggi. Benarkah demikian?

Alpukat memang mengandung banyak lemak, bahkan sampai 16 persen. Namun lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang justru menyehatkan, karena lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL).

Alpukat juga mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang juga menyehatkan, karena dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Nikamtilah alpukat dengan cara yang sehat, contohnya sebagai jus, namun jangan memberinya terlalu banyak gula.

8. Buah Zaitun

Buah zaitun kaya akan kandungan zat anti oksidan (hydroxytyrosol) yang memiliki manfaat dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah namun dan tidak mengurangi kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Buah ini juga akan berefek baik terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang nantinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kita bisa mengonsumsi setidaknya campuran 2 (dua) sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad.

9. Jeruk Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, yakni dalam 1 cangkir jus lemon segar memiliki 94 miligram; 1 cangkir segmen lemon mentah mengandung 112 miligram vitamin C.

Vitamin C dalam lemon akan mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Dalam buag lemon juga terkandung antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL.

10. Tomat

Tomat terkenal memiliki banyak kandungan likopen yang juga memiliki peran menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kita bisa menikmati tomat serta memperoleh kabaikannya dengan cara dimakan segar, dibuat juice, atau dimakan dalam bentuk sup.
Dan tahukah Anda, bahwa tomat juga bisa menjadi makanan sehat untuk penderita maag kronis karena sifatnya yang dapat menenangkan lambung.

11. Semangka

Siapa yang tak kenal buah segar yang satu ini, selain dapat menghilangkan dahaga dengan cepat, ternyata semangka juga termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Hal ini dikteahui karena dalam buah semangka terkandung likopen seperti halnya pada tomat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

12. Apel

Buah yang satu ini memang terkenal menyehatkan, dan sekarang kita tahu bahwa apel merupakan salah satu buah penurun kolesterol karena kandungan zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol.

Apel juga sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke.

Kita bisa menikmati buah ini sambil mendapatkan manfaatnya dengan cara di makan langsung atau berupa jus. Apel juga bisa dibuat cuka. Mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
Di samping itu, buah apel merupakan buah ampuh untuk penderita diabetes dan cuka apel diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2.

13. Buah Pir

Buah ini merupakan sumber serat larut air yang sangat baik (serat larut dan membentuk substansi) – seperti gel termasuk pektin. Dan meskipun apel biasanya memilik kandungan pektin yang tinggi, pir sebenarnya memiliki pektin lebih tinggi. Karena itu, pir menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Pektin dalam pir juga membantu pemebersihan usus dan melancarkan buang air besar.

14. Pisang

Pisang merupakan sumber yang baik dari serat makanan, yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein – LDL atau kolesterol “jahat”. Selain itu, kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan pada gilirannya, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Jika kita perhatikan, hampir semua buah-buahan dapat menurunkan kolesterol tinggi, karena memang pada prinsipnya makanan berserat, bervitamin, dan kaya antioksidan sangat diperlukan oleh penderita kolesterol tinggi.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer