22 Buah yang Baik untuk Diet dan Kesehatan

Mungkin banyak di antara Anda yang belum tahu bahwa bukan hanya serat, vitamin, atau mineral saja yang terkandung dalam buah-buahan, melainkan karbohidrat juga. Karbohidrat dalam buah rata-rata berbentuk gula, maka tak heran kalau buah sering dijuluki ‘permen dari alam’. Karena tak semua mampu mendukung program diet, lantas apa saja kira-kira jenis buah yang baik untuk diet?

Daftar Buah yang Baik untuk Diet

Berkenaan dengan masalah menurunkan berat badan, buah-buahan dapat dibagi menjadi 5 kelompok:

  • Buah tinggi karbohidrat
  • Buah rendah karbohidrat
  • Kelompok jeruk dan berry
  • Buah berair
  • Buah kering

buah untuk diet

Untuk lebih detail dari tiap poin di atas, simak penjabarannya berikut:

  • Buah tinggi karbohidrat

Buah yang masuk kategori ini disarankan dikonsumsi saat sarapan atau pagi hari. Hal ini dikarenakan deretan buah berikut dapat memberikan asupan energi yang diperlukan tubuh maupun sistem pencernaan agar segera aktif.

  1. Kiwi

Buat Anda yang memutuskan ingin sarapan dengan menu buah saja, maka 1-3 buah kiwi (61 kalori) bisa menjadi solusinya. Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini sebaiknya dikonsumsi dengan air hangat untuk membantu proses penurunan berat badan. Saat menyimpannya, jauhkan kiwi dari suhu panas karena bisa merusak kadar vitamin C-nya.

  1. Pisang

Bila kiwi dirasa terlalu mahal, maka Anda bisa menggantinya dengan buah lain yang juga baik untuk diet, yaitu pisang, buah ini mengandung 105 kalori. Makan pisang sambil minum air saat pagi tak hanya bisa membantu mendetoksifikasi tubuh, namun juga melancarkan BAB. Tak hanya itu, pisang juga dapat diandalkan sebagai sumber energi dadakan sehingga sempurna dikonsumsi usai berolahraga.

  1. Pear

Buah yang baik untuk diet selanjutnya adalah pear. Buah pear mengandung sekitar 58 kalori sehingga dapat memenuhi hingga 1¼ kebutuhan serat harian seseorang. Buah yang ramah untuk sistem pencernaan ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol, mencegah jantung koroner serta diabetes tipe 2. Bonusnya lagi, serat dalam buah yang kaya vitamin C ini juga mampu membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Alpukat

Mengonsumsi sebuah alpukat sebelum atau selama makan dapat membuat perut kenyang 50% lebih cepat. Namun hati-hati karena kalori dalam alpukat juga tinggi yakni 160 kalori.

  1. Buah kelapa

Mungkin belum banyak orang yang paham bahwa buah kelapa merupakan salah satu buah yang baik untuk diet, air kelapa dan kelapa muda dapat dijadikan cemilan sehat yang melangsingkan. Meski kandungan kalorinya cukup tinggi yaitu 354 kalori, akan tetapi kandungan trigliserida dan minyak jenuhnya (berbeda dengan minyak pada gorengan) dapat membantu menurunkan bobot tubuh.

  1. Mangga

Mangga mengandung kalori yang cukup besar yakni 130 kalori. Namun untungnya buah yang mengandung vitamin A, C, dan kalsium ini juga mengandung 3 gr serat yang baik untuk pencernaan. Melancarkan buang air besar sehingga mendukung program diet Anda.

Buah lain yang masuk kategori ini adalah:

  1. Plum
  2. Nanas
  3. Anggur
  4. Ara
  • Buah Diet Rendah karbohidrat

Kebanyakan buah rendah karbohidrat memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu mengontrol suhu badan, serta menurunkan kolesterol jahat. Meski rendah karbohidrat, namun deretan buah yang masuk kelompok ini mampu menyediakan energi yang diperlukan sistem saraf dan kardiovaskular agar berfungsi optimal. Buah yang baik untuk diet ini cocok dijadikan cemilan saat santai. Buah yang masuk golongan ini adalah:

  1. Melon
  2. Peach
  3. Jambu biji

Jambu biji (40 kalori) tinggi akan kandungan seratnya sehingga ramah untuk sistem pencernaan. Selain itu, indeks glikemiknya yang rendah menjadikannya tak hanya baik untuk penderita diabetes, namun juga mereka yang ingin kurus.

  1. Pepaya

Buah yang mengandung 39 kalori ini memuat enzim yang dapat mendongkrak proses pencernaan makanan. Selain itu, pepaya juga kaya akan vitamin C, karoten, dan flavonoid.

  1. Semangka

Kandungan air yang tinggi yakni 90% membuat 100 gr semangka hanya mengandung 30 kalori saja. Semangka kaya akan asam amino arginin yang dapat membantu membakar lemak. Hal terbaik dari buah yang dapat menghidrasi tubuh ini adalah bisa membuat perut terasa kenyang untuk waktu lama sehingga keinginan untuk ngemil berkurang.

  1. Apel

Ada sejuta manfaat ajaib dalam sebutir apel, di antaranya mencegah kanker, menjaga jantung tetap sehat, memutihkan gigi, mendongkrak imun tubuh, meredakan diare maupun konstipasi. Di samping itu, karena dalam sebutir apel berukuran sedang hanya terdapat 50 kalori, maka Anda harus memasukkan buah ini dalam daftar menu harian.

  1. Tomat

Salah satu buah yang baik untuk diet berikutnya adalah tomat (22 kalori). Buah yang dipadati antioksidan ini bisa mencegah tubuh menyimpan air. Tomat juga bertugas melawan leptin (jenis protein yang mencegah turunnya berat badan). Namun jangan samakan buah dengan saus tomat yang sudah dipadati oleh bahan sintetis maupun gula.

  • Lemon

Kedua jenis buah selanjutnya minim soal kadar karbohidratnya. Tak hanya dapat membantu pergerakan usus dan detoksifikasi, lemon dan berry juga dapat membersihkan darah.

  1. Jeruk

Tak hanya bercitarasa segar, 100 gr jeruk hanya mengandung 47 kalori saja sehingga cocok bagi mereka yang ingin snack sehat namun rendah lemak. Rasa jeruk yang manis juga dapat meredakan keinginan makan makanan manis.

  1. Raspberry, blackberry, dan strawberry

Kebanyakan buah dari golongan berry, seperti strawberry (32 kalori) sebenarnya rendah karbohidrat kalau dikonsumsi dengan jumlah yang cukup.

  1. Blueberry

Dibanding jenis berry lainnya, kadar karbohidrat dalam blueberry sedikit lebih banyak (57 kalori), oleh sebab itu konsumsilah dalam jumlah yang sedikit bila Anda sedang menginginkannya.

  1. Grapefruit

Aroma grapefruit mengandung naringin¸ sebuah komponen yang berfungsi sebagai penunda lapar.

  1. Jeruk bali

Sebutir jeruk bali mengandung 70 kalori sehingga cocok bagi Anda yang diet ketat. Kadar air dan serat dalam jeruk bali juga bisa membuat perut cepat kenyang.

  • Buah berair untuk diet

Seperti telah disinggung di atas, beberapa buah seperti semangka dan melon kaya kandungan airnya sehingga baik untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Tidak hanya menjadi buah yang baik untuk diet, tetapi juga menunjang kesehatan bagi tubuh.

  • Buah kering untuk diet

Bila dikonsumsi bersamaan dengan buah segar, maka proses pembakaran lemak dan penurunan kolesterol akan berjalan lebih efektif. Meski bukan merupakan buah segar, namun kurma, kismis, atau prune kaya akan ragam vitamin dan mineral sehingga baik untuk kekebalan tubuh.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Demikianlah beberapa jenis buah yang baik untuk diet, manakah yang merupakan favorit Anda?

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer