5 Manfaat dan Fungsi Vitamin A yang Paling Utama

Kita membutuhkan berbagai macam vitamin untuk menunjang fungsi tubuh agar bekerja secara optimal sehingga kesehatan tubuh akan selalu terjaga. Di samping itu kita juga perlu untuk mengetahui bagaimana masing-masing vitamin itu bekerja. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari manfaat dan fungsi vitamin A bagi kesehatan tubuh.

Mungkin sejak kecil kita telah diajarkan bahwa vitamin A memiliki manfaat yang baik bagi penglihatan atau mata kita dan mungkin hanya itu saja yang kita ketahui. Padahal masih banyak manfaat dan fungsi vitamin A lainnya seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini, sampai mencegah penyakit kanker.

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin A ada dalam dua bentuk – retinoid (kebanyakan ditemukan dalam produk hewani) dan beta-karoten (vitamin A yang bersumber dari tanaman). Keduanya akan menunjang berbagai manfaat vitamin A.

sumber vitamin E

Sumber vitamin E dan A

Lebih lengkap berikut manfaat dan fungsi vitamin A yang paling utama:

Kesehatan Mata

Vitamin A dipercaya dapat meningkatkan penglihatan dengan cara membantu membedakan antara terang dan gelap. Hal ini tidak terlepas dari senyawa retinol yang berperan dalam fungsi penyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Namun tidak hanya itu saja, penyakit-penyakit mata seperti rabun senja, glaukoma, katarak juga dapat dihindari dengan vitamin A.

Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of York, konsumsi suplemen vitamin A bisa membantu mengobati beberapa jenis. Karena fungsi vitamin A disini dapat mengontrol sel-sel ganas. Penelitian ini terutama dilakukan pada sel kanker prostat,  tetapi mungkin juga dapat bekerja untuk jenis kanker lainnya. Walau demikian jangan serta merta minum suplemen vitamin A secara berlebihan. Cara terbaik adalah memenuhi asupan vitamin A dari sumber makanan yang alami.

Membangun Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat hebat vitamin A yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh terutama pada anak-anak. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang dilakukan di London yang menemukan bahwa suplemen vitamin A dapat menurunkan angka kematian anak hingga 24 persen di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Sedangkan kekurangan vitamin A pada anak-anak dapat meningkat kerentanan terhadap infeksi seperti diare dan campak dan juga bisa menyebabkan kebutaan.

Menunjang Fungsi Tubuh

Vitamin A memainkan peran langsung dalam menjalankan fungsi fisiologis dan juga membantu dalam pengembangan sistem saraf pusat. Hal ini juga diperlukan dalam pembentukan sel sperma, pengaturan produksi hemoglobin pada embrio.

Mencegah Penuaan

Vitamin A memiliki antioksidan (Beta Karoten) yang tidak hanya mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas tetapi juga membantu dalam peremajaan kulit. Vitamin A akan mengusir garis dan kerutan pada kulit dengan memproduksi lebih banyak kolagen yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kenyal dan tampak muda. Di samping itu juga baik untuk kesehatan rambut dan mempercepat penyembuhan luka.

Walaupun begitu banyak fungsi dan manfaat vitamin A, tapi kita tidak boleh semberono dengan mengonsumsi suplemen vitamin A secara berlebihan atau tanpa rekomendasi dokter, karena kelebihan akan memiliki efek berbahaya bagi tubuh.  Catat dan ingat, inilah kebutuhan harian vitamin A: Pria : 900 mcg / hari, Wanita : 700 mcg / hari, ibu hamil: 770 mcg / hari, dan ibu menyusui: 1300 mcg / hari.

Semoga tulisan ini bermanfaat, salam sehat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer