7 Fungsi dan Manfaat Utama Vitamin D, Amazing!!

Jika kita ingat pelajaran waktu duduk di bangku SD, mungkin di sana telah dijelaskan beberapa manfaat vitamin D yang banyak kita ketahui yaitu untuk kesehatan tulang dan gigi. Tapi tahukah Anda, ternyata masih banyak fungsi vitamin D bagi kesehatan tubuh lainnya.

Vitamin D disebut juga sebagai sunshine vitamin (vitamin sinar matahari) karena inilah satu-satunya vitamin yang dapat diproduksi oleh kulit ketika terpapar sinar matahari, yakni dengan tahapan provitamin D dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin D. Vitamin yang larut lemak ini juga terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti tahu, tempe, susu kedelai, minyak ikan dan lain-lain. Lebih lanjut silahkan baca: Sumber Makanan Vitamin D.

manfaat vitamin D

Fungsi dan Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh

Fungsi vitamin D yang paling penting yaitu mengatur penyerapan kalsium dan fosfor, serta memfasilitasi fungsi sistem kekebalan tubuh yang normal.

Itulah kenapa vitamin D bermanfaat untuk pertumbuhan normal dan perkembangan tulang, gigi, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu. Maka kebutuhan kita akan vitamin ini harus selalu terpenuhi.

Sebaliknya, jika tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin D, maka akan berisiko mengalami kelainan tulang seperti osteomalacia (tulang lunak) atau osteoporosis (tulang keropos).

Lebih lanjut, inilah manfaat vitamin D yang berhasil saya rangkum.

Kesehatan Tulang

Seperti telah disinggung sebelumnya, manfaat utama vitamin D adalah untuk kesehatan tulang. Namun, hubungan antara vitamin D dan metabolisme tulang ternyata lebih rumit dari yang Anda duga.

Fungsi vitamin D disini yaitu berperan meningkatkan kalsium dalam aliran darah sehingga kadarnya dipertahankan pada level normal.  Hal ini akan dicapai dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium melalui makanan, kemudian menghambat pengeluaran kalsium melalui urin, namun ada mekanisme lain yang justru merugikan yaitu dengan cara menarik kalsium dari matriks tulang apabila tubuh kekurangan kalsium dan tidak ada sumber kalsium dari luar (asupan makanan).

Dengan demikian, vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang akan tercapai apabila asupan kalsium kita juga terpenuhi. Setiap ikan bertulang, termasuk sarden atau salmon kalengan, merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium sehingga akan menunjang fungsi vitamin D untuk tujuan ini.

Kontrol Gula Darah

Kekurangan vitamin D akan membuat resiko terkena diabetes melitus menjadi lebih tinggi. Hal ini ditunjang oleh penelitian bahwa membuat kadar vitamin D kembali ke normal dapat membantu membalikkan beberapa risiko. Meskipun penelitian belum sepenuhnya konsisten, Namun manfaat vitamin D yang satu ini tampaknya sangat penting.

Imunitas (daya tahan tubuh)

Vitamin D memiliki peran penting dalam pematangan sel darah putih, yang merupakan sel-sel pertahanan tubuh yang menjadi benteng utama pertahanan kita terhadap bebagai penyakit infeksi. Secara khusus, para peneliti telah menemukan hubungan yang relatif konsisten antara kekurangan Vitamin D dan peningkatan risiko infeksi pernapasan.

Vitamin D Melawan Penyakit

Selain manfaat utama di atas, penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga bermanfaat dalam:

  • Mengurangi risiko multiple sclerosis, menurut sebuah studi 2006 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association
  • Mengurangi risiko penyakit jantung, menurut temuan yang dipublikasikan dalam  Circulation tahun 2008
  • Membantu mengurangi risiko terkena flu, menurut penelitian yang dipublikasikan  American Journal of Clinical Nutrition tahun 2010
  • Mengurangi resiko kanker usus besar ataupun polip prekanker, Journal of the American Medical Association pada December 2003

Itulah segudang fungsi dan manfaat vitamin D yang luar biasa. Sekarang tugas kita adalah selalu menjaga agar kebutuhan kita terhadap vitamin D dapat terpenuhi setiap harinya. Salam sehat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer