Asam Folat

Asam Folat merupakan vitamin B yakni Vitamin B9. Fungsi Asam Folat ini membantu tubuh membuat sel-sel baru yang sehat. “Asam folat” dan “folat” berarti hal yang sama. Folat ditemukan secara alami pada beberapa makanan. Kebanyakan wanita tidak mendapatkan semua asam folat yang mereka butuhkan melalui makanan saja.

Siapa yang butuh asam folat?
Semua orang membutuhkan asam folat. Tapi asam folat sangat penting bagi wanita hamil atau yang berencana untuk hamil. Ketika seorang wanita memiliki cukup asam folat dalam tubuhnya sebelum dan selama kehamilan, dapat mencegah cacat lahir.

Penyakit-penyakit yang termasuk cacat lahir antara lain :

Spina bifida, cacat lahir ini terjadi ketika tulang belakang bayi yang belum lahir ini tidak menutup sempurna untuk melindungi sumsum tulang belakang. Akibatnya, saraf yang mengendalikan gerakan kaki dan fungsi lainnya tidak bekerja. Anak-anak dengan spina bifida sering memiliki cacat seumur hidup. Sangat mungkin kasus ini membutuhkan tindakan operasi.

Anencephaly (baca : Anensefali ), yaitu ketika sebagian atau semua dari otak tidak berkembang. Bayi dengan masalah ini mati sebelum atau segera setelah lahir.

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam folat juga dapat membantu mencegah jenis cacat lahir termasuk dua kelainan di atas.

Asam folat juga membantu menjaga darah agar tetap sehat. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia.

Para ahli berpikir bahwa asam folat juga mungkin memainkan peran dalam:

  • Memelihara Kesehatan jantung
    Mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan kanker
  • Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui hal ini dengan pasti.

Berapa banyak asam folat yang dibutuhkan?

Pada wanita yang mungkin akan hamil membutuhkan 400 sampai 800 mcg atau mikrogram asam folat setiap hari, bahkan jika mereka tidak berencana untuk hamil. (sama dengan 0,4 sampai 0,8 mg atau miligram.) Dengan cara tersebut, jika mereka hamil, bayi mereka akan cenderung terhindar dari cacat lahir. Bicarakan dengan dokter tentang berapa banyak asam folat yang Anda butuhkan jika:

  • Sedang hamil atau merencanakan kehamilan. Ibu hamil membutuhkan 400 sampai 800 mcg asam folat pada tahap yang sangat awal dari kehamilan bahkan sebelum mereka tahu bahwa mereka hamil. Seorang wanita hamil harus tetap mengonsumsi asam folat selama kehamilan. Perempuan harus membahas kebutuhan asam folatnya dengan dokter. Beberapa dokter meresepkan vitamin prenatal yang mengandung jumlah asam folat yang lebih tinggi.
  • Sedang menyusui. Wanita menyusui memerlukan 500 mcg Asam Folat. Beberapa dokter mengusulkan wanita menyusui terus mengonsumsi vitamin prenatal (waktu hamil) mereka untuk memastikan mereka mendapatkan banyak asam folat ketika menyusui.
  • Memiliki bayi dengan cacat lahir pada otak atau tulang belakang dan ingin hamil lagi. Dokter  mungkin memberikan resep  4.000 mcg asam folat. Dosis tersebut merupakan 10 kali dosis normal. Dosis tinggi asam folat dapat menurunkan risiko memiliki bayi lagi dengan cacat lahir.
  • Memiliki anggota keluarga dengan spina bifida. Pada kondisi ini dokter mungkin memberikan resep 4.000 mcg asam folat.
  • Memiliki spina bifida dan ingin hamil.

Pada kasus lain, beberapa orang juga memerlukan lebih banyak asam folat. Bicaralah dengan dokter tentang berapa banyak asam folat yang dibutuhkan, terutama jika :

  • Meminum obat-obatan yang digunakan untuk mengobati:

Epilepsi
Diabetes tipe 2
Rheumatoid arthritis, lupus, psoriasis, asma, dan penyakit radang usus

  • Memiliki penyakit ginjal dan cuci darah (dialisis).
  • Memiliki penyakit hati.
  • Memiliki penyakit anemia sel sabit.
  • Memiliki penyakit celiac.
  • Sering mengkonsumsi lebih dari satu minuman beralkohol sehari.

Jika saya tidak berencana untuk hamil, dan saya menggunakan Kontarasepsi Apakah saya masih perlu asam folat?

Ya! Cacat lahir pada otak dan tulang belakang terjadi pada tahap yang sangat awal dari kehamilan, sering sebelum wanita mengetahui dia hamil. Pada saat dia tahu dia hamil, mungkin terlalu terlambat untuk mencegah janin dari cacat lahir. Oleh karena itu, semua wanita yang bisa hamil membutuhkan 400 sampai 800 mcg asam folat setiap hari.

Bagaimana saya bisa yakin saya mendapatkan asam folat yang cukup setiap hari?

Anda bisa mendapatkan asam folat yang cukup dengan konsumsi pil vitamin setiap hari. Jika Anda memiliki waktu yang sulit untuk menelan pil, Anda dapat mencoba produk kunyah atau cairan yang mengandung asam folat. Kebanyakan multivitamin memiliki setidaknya 400 mikrogram (mcg) asam folat. Periksa label pada botol untuk memastikan. Atau Anda juga bisa mengambil pil yang hanya mengandung asam folat. Jika botol tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, jangan membelinya. Tanyakan apoteker untuk membantu memilih produk. Perlu diketahui, jika Anda sudah konsumsi vitamin prenatal harian, Anda mungkin mendapatkan semua asam folat yang Anda butuhkan.

Makanan apa yang mengandung asam folat?

Asam folat yang ditemukan secara alami di beberapa makanan, termasuk sayuran berdaun, buah jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian. seperti:

  • Roti
  • Tepung
  • Pastas
  • Tepung jagung
  • Nasi putih

Bisakah saya mendapatkan asam folat yang cukup melalui makanan saja?

Tubuh tidak menggunakan bentuk alami asam folat (folat) semudah bentuk buatan manusia. Kita tidak bisa memastikan bahwa makan makanan yang mengandung folat akan memiliki manfaat yang sama seperti mengkonsumsi suplemen asam folat. Juga, bahkan jika Anda menjalankan makan sehat, diet seimbang, Mungkin saja anda tidak mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan setiap hari dari makanan saja. Di Amerika Serikat, sebagian besar wanita yang mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan asam folat masih tidak mendapatkan semua yang mereka butuhkan. Itulah mengapa penting untuk konsumsi vitamin dengan asam folat setiap hari.

Bagaimana saya bisa ingat untuk konsumsi asam folat setiap hari?

Konsusmsi asam folat pada waktu yang sama setiap hari, seperti ketika  menyikat gigi, makan sarapan, atau memberikan anak  vitamin sehari-hari. Dengan cara ini, mengonsumsi asam folat menjadi rutinitas. Jika Anda bisa, aturlah ponsel Anda atau komputer untuk memberikan pengingat harian.

Bisakah Saya mengalami kelebihan asam folat ?

Anda tidak bisa mendapatkan terlalu banyak asam folat dari makanan yang secara alami mengandung itu. Tapi kecuali dokter memberitahu sebaliknya, jangan mengkonsumsi lebih dari 1.000 mcg asam folat per hari. Terlalu banyak asam folat dapat menyembunyikan tanda-tanda bahwa seseorang kurang vitamin B12, yang dapat menyebabkan kerusakan saraf. Kurang vitamin B12 jarang di antara wanita usia subur.  Orang beresiko tidak memiliki cukup vitamin B12 terutama usia 50 tahun dan lebih tua dan orang-orang yang makan tanpa produk hewani.

Saya tidak lagi di usia subur. Berapa banyak asam folat yang saya butuhkan?

Orang dewasa membutuhkan 400 mcg asam folat setiap hari untuk kesehatan yang baik. Tetapi orang dewasa yang lebih tua harus yakin mereka juga mendapatkan cukup vitamin B12. Terlalu banyak asam folat dapat menyembunyikan tanda-tanda bahwa seseorang kurang vitamin B12. Orang tua usia diatas 50 tahun berada pada peningkatan risiko tidak memiliki cukup vitamin B12. Jika usia anda 50 tahun atau lebih, tanyakan kepada dokter apa vitamin dan suplemen yang anda butuhkan.

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer