Keunggulan dan Manfaat Telur Bebek Dibanding Telur Ayam

Dibanding telur ayam, telur bebek memiliki ukuran yang lebih besar dan ternyata memiliki manfaat yang lebih besar juga. Pada ulasan kali ini, kita akan menyimak bersama apa saja keunggulan dan manfaat telur bebek dibanding telur ayam.

Perbedaan nutrisi antara telur bebek dan telur ayam

Sebelum sampai kepada bahasan detail mengenai manfaat telur bebek, ada baiknya kita simak bersama perbedaan mendasar antara telur ayam dan telur bebek.

  • Nutrisi dalam telur ayam: 71 kalori,  5 gr lemak, 211 mg kolesterol, 70 mg sodium, dan 6 gr protein.
  • Nutrisi dalam telur bebek: 130 kalori, 10 gr lemak, 619 mg kolesterol, 102 sodium, 9 gr protein, dan 1 gr karbohidrat.

manfaat-telur-bebek-mediskus

Jika dilihat dari keterangan di atas, maka salah satu kekurangan telur bebek adalah kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi. Ini yang menjadi alasan bahwa mereka yang memiliki riwayat sakit jantung disarankan tidak mengonsumsi telur bebek secara berlebihan.

Manfaat telur bebek

Namun dibanding telur ayam, telur bebek ternyata memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yaitu:

  1. Kadar proteinnya yang lebih tinggi
  2. Lebih kaya akan kandungan albumin
  3. Kandungan asam omega-3-nya juga bisa lebih banyak
  4. Solusi bagi mereka yang alergi telur ayam
  5. Telur bebek cenderung bersifat alkali
  6. Telur bebek bisa tetap segar lebih lama
  7. Nutrisinya lebih padat

Untuk penjelasan lebih lanjut dari masing-masing poin di atas, simak yang mau lewat berikut ini:

  1. Kadar proteinnya lebih tinggi

Protein jelas diperlukan setiap hari agar tubuh dapat rutin memperbaiki dan mempertahankan bagian-bagian sel atau tubuh yang rusak. Sumber protein terbaik karena mudah dicerna adalah telur, baik telur ayam ataupun bebek. Baca: Sumber Makanan Tinggi Protein Terbaik

  1. Lebih kaya akan kandungan albumin

Albumin/ putih telur merupakan bahan dasar utama yang kerap dibutuhkan dalam proses pembuatan kue atau es krim. Albumin tak hanya membuat tekstur kue lebih lembut dan renyah, namun juga memberikan citarasa lebih gurih dan enak. Namun tentu saja tak semua kue cocok menggunakan telur bebek sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah tiramisu. Anda juga tidak bisa membuat icing dari telur bebek.

  1. Kandungan asam omega-3 juga lebih tinggi

Seperti kita ketahui bersama, asam omega-3 sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit maupun otak. Konsumsilah secukupnya untuk mendapatkan manfaat telur bebek yang satu ini.

  1. Solusi bagi mereka yang alergi telur ayam

Telur bebek dapat menjadi alternatif bagi mereka yang alergi terhadap telur ayam. Meskipun sama-sama dari golongan unggas, namun beberapa orang yang menunjukkan alergi terhadap telur ayam, tidak alergi terhadap telur bebek.

  1. Telur bebek cenderung bersifat alkali

Fakta ini tentu berbeda dengan telur ayam yang bersifat asam. Dengan manfaat telur bebek yang satu ini, maka membuat telur bebek lebih disarankan untuk penderita kanker dikarenakan sel kanker biasanya tak mampu bertahan hidup dalam lingkungan alkali.

  1. Telur bebek bisa tetap segar lebih lama

Alasannya mudah, cangkang telur bebek lebih tebal ketimbang telur ayam. Jika disimpan dalam lemari es, maka telur bebek mampu bertahan hingga maksimal 6 minggu lamanya.

  1. Nutrisinya lebih padat

Sebuah ulasan dari Local Harvest menyatakan bahwa nutrisi telur bebek lebih banyak ketimbang telur ayam, katakanlah seperti muatan vitamin A (2x lebih banyak), D (6x), (75%) E, dan K. Tentu saja ini merupakan nilai plus bagi telur bebek karena setiap kita memerlukan vitamin A untuk menjaga agar mata dan sistem imun tetap kuat. Tingginya kadar vitamin D dan E pada telur bebek juga berjasa untuk membangun tulang serta gigi, dan baik bagi kesehatan kulit.

Lebih dari itu, manfaat telur bebek bisa lebih baik karena muatan mineral yang sama dengan telur ayam, yaitu selenium, mangan, zinc, tembaga, potasium, sodium, fosfor, kalsium, dan zat besi. Namun jumlah pada telur bebek sedikit lebih tinggi ketimbang telur ayam. Kelebihan lainnya adalah kandungan folat, thiamin, niacin, riboflavin, asam pantotenat, dan retinol pada telur bebek juga lebih tinggi.

Tentu saja hal ini juga tergantung dari jenis pakan yang diberikan pada unggas tersebut. Bila pakan unggasnya berupa kemasan yang sudah jadi, maka tentu saja kualitas telurnya takkan sama sehatnya dengan bebek yang diberi makan bayam, ganggang, atau rumput.

Manfaat Telur Bebek Lainnya

  • Menjaga mata agar tetap sehat
  • Membuang radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menunjang kesehatan serta kekuatan tulang  dan gigi
  • Membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh
  • Melancarkan produksi hormon pada tubuh
  • Menambah vitalitas pria

Tips Mendapatkan Manfaat Telur Bebek dengan Optimal

Ketika direbus, biasanya putih telur bebek akan berubah warna menjadi kebiruan, sedangkan bagian kuningnya akan menjadi oranye kemerahan. Soal cara konsumsi atau mengolah telur bebek, itu tak jauh berbeda dengan telur ayam. Hal terpenting adalah selalu konsumsi telur bebek dalam keadaan masak. Hal ini dikarenakan sama seperti telur ayam, telur bebek juga rawan terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. Seperti kita ketahui bersama bahwa bakteri ini bisa menyebabkan keracunan makanan, diare, muntah, penyakit tipes bahkan meningitis.

Oleh sebab itu, usai bersentuhan dengan telur bebek, pastikan tangan dan setiap alat yang dipakai selalu dicuci dengan bersih menggunakan air hangat untuk mencegah menyebarnya Salmonella ke makanan lain. Selain itu, ketika disimpan dalam lemari es, telur bebek juga sebaiknya dimasukkan dalam wadah tertutup, dan terpisah dari makanan siap santap lainnya.

Demikianlah beberapa kelebihan serta manfaat telur bebek yang dapat kami bagikan saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer