Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Jeruk nipis sudah sangat populer di masyarakat kita, buah yang satu ini mungkin sering kita jumpai sebagai minuman nikmat berupa wedang, jus, dan lain-lain atau beberapa menggunakan jeruk nipis sebagai campuran jamu tradisional yang biasanya dikombinasikan dengan madu. Tahukan Anda, selain enak, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh selain itu juga bermanfaat untuk perwatan kulit dan kecantikan.

Pada kesempatan kali ini, mari kita ketahui khasiat dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan, yang ternyata amat sangat luar biasa, mungkin tidak ada produk buatan manusia yang dapat menandingi buah ciptaan tuhan yang satu ini, yang kaya akan manfaat dan tentunya dapat menunjang kehidupan manusia.

BerikutĀ  manfaat utama jeruk nipis bagi kesehatan tubuh yang sudah terungkap dan terbukti :

Jeruk nipis baik untuk kesehatan wanita.
Jeruk nipis kaya akan kalsium dan asam folat, merupakan dua nutrisi penting bagi wanita pasca-menopause dan wanita usia subur. Ternyata satu buah jeruk nipis segar mengandung 22 miligram kalsium dan lebih dari lima mikrogram asam folat.

Anti kanker atau anti – karsinogenik
Senyawa limonoid yang terkandung dalam buah jeruk nipis telah terbukti bermanfaat mencegah kanker usus, lambung dan darah. Meskipun mekanismenya belum diketahui secara pasti, para ilmuwan telah meneliti bahwa limonoid yang bersifat antioksidan juga berkhasiat membunuh sel-sel kanker. Limonoid pada jeruk nipis juga dapat aktif lebih lama dalam aliran darah untuk membersihkan radikal bebas. Dalam hal ini jeruk nipis lebih baik dari pada teh hijau maupun coklat hitam yang sama-sama memiliki kandungan antioksidan.

Mencegah pembentukan batu ginjal
Dalam bentuk buah segar ataupun konsentrat, air jeruk nipis mengandung asam sitrat yang lebih banyak dibanding jus jeruk biasa dan anggur. Asam sitrat merupakan inhibitor alami batu ginjal yang terbuat dari kalsium yang mengkristal, sehingga dapat mencegah pembentukan batu ginjal

manfaat jeruk nipis

jeruk nipis yang segar dan menyehatkan

.

Menurunkan kolesterol
Flavonoid utama yang ditemukan di dalam buah jeruk nipis, yang dikenal sebagai hesperidin, telah terbukti bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, sehingga berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kesehatan kulit dan memerangi penuaan kulit.
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan kulit memang telah diakui. Salah satunya karena jeruk nipis mengandung penghambat produksi melanin yang memberikan warna pada kulit (kalau kebanyakan melanin kulit menjadi hitam). Disamping itu dapat menghambat penuaan atau kematian sel secara dini karena jeruk nipis kaya akan antiokasidan.

Menurunkan Berat Badan
Satu khasiat jeruk nipis yang bermanfaat bagi yang memiliki berat badan berlebih, Karena ssam sitrat yang terkandung dalam buah ini memiliki peran yang baik untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Anda dapat mengkonsumsi dua gelas jus jeruk nipis sehari dan melihat hasil yang optimal dalam waktu seminggu. Lalu silahkan ukur berat badan apakah sudah ideal?

Mengatasi Sembelit
Rasa asam pada jeruk nipis ternyata memiliki manfaat mengatasi sembelit atau konstipasi. Seperti halnya kemampuan asam membersihkan kotoran, asam pada jeruk nipis juga dapat melancarkan pembuangan feses (pencahar) tanpa efek samping yang berbahaya. Lebih lanjut silahkan baca Cara Mengatasi Sembelit

Begitu banyaknya khasiat dan manfaat jeruk nipis, serta mudahnya kita dapatkan karena banyak tersedia di pasar-pasar atau toko buah, rasanya sayang sekali jika kita tidak mengonsumsinya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer