Ini Dia, Manfaat Brokoli yang Luar Biasa

Brokoli mungkin tidak asing bagi kita, mungkin ada yang suka dan adapula yang gak doyan sama sekali. Terlepas dari itu semua, tidak dapat dipungkiri manfaat brokoli sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Jika Anda sudah mengetahui manfaat brokoli yang luar biasa banyak pasti Anda ingin sering sering menyertakannya dalam menu makanan sehari-hari walaupun mungkin Anda tak menyukai rasanya. Setidaknya ada 10 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari sayuran hijau keriting ini.

Inilah 10 manfaat brokoli yang luar biasa.

Sistem Saraf
Brokoli bermanfaat untuk sistem saraf kita, karena brokoli mengandung banyak kalium (potasium) yang berfungsi membantu menjaga sistem saraf agar tetap sehat dan fungsi otak yang optimal, serta mempromosikan pertumbuhan otot secara normal.

Kesehatan Tulang
Manfaat Brokoli pada tulang juga penting, karena brokoli mengandung banyak kalsium dan vitamin K, yang keduanya penting untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Tekanan Darah
Karena brokoli kaya akan kalium, magnesium dan kalsium, maka brokoli bermanfaat membantu mengatur tekanan darah agar tetap stabil pada level normal.

Kesehatan Jantung
Manfaat brokoli untuk organ penting yang satu ini juga luar biasa, karena brokoli mengandung lutein karotenoid yang dapat memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sehingga memerangi penyakit jantung dan stoke. Vitamin B6 dan folat dalam brokoli juga mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Sumber Vitamin C
Satu cangkir brokoli mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan yang diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meringankan ketidaknyamanan pada flu biasa.

Sistem kekebalan
Satu cangkir brokoli dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena ia mengandung sejumlah besar beta-karoten. Trace mineral, seperti seng dan selenium, juga berperan untuk memperkuat daya kekebalan tubuh.

manfaat brokoli

Mencegah Kanker
Brokoli juga bermanfaat mencegah kanker, karena ia mengandung glucoraphanin, yang memiliki sifat anti-kanker. Senyawa ini juga dapat membasmi H. pylori, bakteri yang ditemukan sangat meningkatkan risiko kanker lambung. Selain itu, brokoli mengandung indole-3-carbinol, senyawa antioksidan kuat dan anti-karsinogen ditemukan tidak hanya menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker leher rahim dan prostat, namun juga meningkatkan fungsi hati.

Membantu melancarkan saluran cerna
Seperti halnya sayuran lain, brokoli juga bermanfaat untuk saluran pencernaan, karena kaya akan serat yang membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit atau konstipasi.

Membantu program diet.
Program diet yang membutuhkan hanya sedikit kalori akan sangat terbantu dengan sayuran brokoli ini, karena brokoli mengandung sedikit kalori. Sebagai tambahan informasi, satu cangkir brokoli mengandung protein yang sama dengan secangkir beras, namun jumlah kalori brokoli lebih sedikit 50% dibanding beras. Jadi brokoli sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Kesehatan mata
Manfaat brokoli juga penting untuk kesehatan mata, karena penelitian telah menunjukkan bahwa lutein karotenoid dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula yang terkait dengan usia (penuaan), serta memiliki efek anti-kanker. Selain itu, brokoli merupakan sumber vitamin A yang baik, yang diperlukan untuk mendukung retina yang penting untuk penglihatan pada cahaya rendah dan warna.

Jadi tidak ada alasan untuk mengabaikan sayuran yang satu ini, karena manfaat brokoli yang luar banyak untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer