Sederet Makanan Penambah Berat Badan, Silahkan Pilih!

Banyak yang terobsesi ingin menurunkah berat badannya, tetapi tak sedikit juga yang ingin menambah berat badan. Agar terlihat lebih berisi, berbagai upaya mungkin telah dilakukan, termasuk pandai-pandai dalam memilih makanan penambah berat badan.

Mungkin sering kita jumpai beberapa orang menjadi korban bullying jika memiliki berat badan berlebih. Namun sebaliknya, memiliki berat badan terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tak kalah merugikan seperti kerusakan organ, kurangnya menstruasi pada wanita, dan kepadatan tulang untuk beberapa kasus. Oleh sebab itu berat badan ideal mutlak diperlukan. Sayangnya, tidak sedikit orang yang masih kurang faham mengenai makanan penambah berat badan. Bukan sembarang makanan yang asal bisa menaikkan berat badan, tetapi kita harus memilih makanan yang sehat dan alami.\

makanan penambah berat badan

contoh makanan penambah berat badan yang kurang sehat

Seseorang yang baru sembuh dari gangguan makan mungkin juga tertarik untuk belajar bagaimana menambah berat badan dengan cara yang sehat. Memang benar bahwa minum soda manis dan makan kentang goreng sepanjang hari akan membuat berat badan bertambah, tetapi tubuh mungkin menderita konsekuensi dari pola makan yang buruk dan kurangnya nutrisi. Cara terbaik untuk menambah berat badan yang sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang alami dan memperhatikan asupan kalori yang terkandung didalamnya.

Daftar Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Berikut adalah beberapa makanan penambah berat badan yang sehat bila dimakan secara tepat.

Daging Merah

Jika Anda mencoba untuk menambah berat badan, maka makanan yang bisa diandalkan salah satunya adalah daging. Olahan daging merah tanpa lemak yang menjadi pilihan di sini dengan berbagai olahan lezat. Salah satunya adalah steak yang mengandung banyak protein dan zat besi. Namun beberapa ahli memperingatkan bahwa tidak semua steak memiliki manfaat yang sama. Hal ini dipengaruhi oleh tata cara penyajiannya.

Meskipun termasuk dalam makanan penambah berat badan, bukan berarti daging merah sangat aman untuk dikonsumsi. Daging merah adalah makanan tinggi kolesterol, sehingga sebagian besar ahli tidak merekomendasikan makanan ini untuk dijadikan sebagai makanan yang dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi ketika digabungkan dengan makanan yang tidak sehat yaitu yang mengandung lemak jenuh tinggi karena dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan.

# Telur

Selain mengandung lemah sehat dalam kuning telur, telur juga merupakan sumber protein terbaik, yakni pada 100 gram telur mengandung sebanyak 13 gram protein. Di samping itu, telur juga kaya akan vitamin seperti vitamin A dan Vitamin B12, sehingga telur menjadi salah satu makanan sehat penambah berat badan. Lebih lanjut silahkan baca: Sumber Protein Tinggi

# Ayam

Tidak hanya lezat, dalam 100 gram daging ayam berisi sebanyak 25 gram protein. Ini termasuk makanan tinggi protein. Sertakan dalam menu makanan Anda sehari-hari selama satu bulan, maka Anda akan melihat penambahan berat badan yang cepat. Bagi binaragawan makanan ini juga diperlukan untuk mempertahankan atau bahkan menambah massa otot.

# Selai Kacang

Selai kacang alami dikemas dengan kandungan protein dan lemak, membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk orang yang mencoba untuk menambah berat badan dengan cara sehat. Satu sendok makan selai kacang mengandung sekitar 100 kalori dan memiliki 4 gram protein. Selai kacang juga tinggi folat, magnesium, vitamin E, dan vitamin B3.

Anda dapat menikmati selai kacang dicampur ke dalam oatmeal, topping pada roti gandum. Ketika memilih sebuah merek selai kacang, cobalah untuk mencari bahan yang semuanya alami, yang berarti tidak mengandung gula berlebihan dan bahan-bahan aditif lainnya, apalagi yang mengandung pemanis buatan dan pengawet makanan.

# Susu Whole Fat

Salah satu cara sederhana yang dapat dicoba untuk menambah berat badan adalah mengganti susu skim dengan susu whole fat. Kandungan susu whole fat  lebih banyak 60 kalori dibandingkan dengan susu skim. Susu kental manis ini kaya akan vitamin D dan A.

Tambahkan susu whole fat disetiap waktu, seperti di oatmeal, sereal, saus, atau hanya sebagai segelas susu. Jika Anda menikmati susu di kopi, Anda juga dapat menggunakan krim untuk melengkapinya.

# Buah dari Lingkungan Tropis

Mengonsumsi satu buah apel sehari akan mengurangi intensitas berkunjung ke dokter untuk berobat, selain itu buah apel juga termasuk dalam bahan makanan penambah berat badan yang sehat. Buah-buahan seperti mangga, pepaya, pisang, dan nanas adalah pilihan yang luar biasa menurut beberapa ahli. Mengapa? Karena jenis makanan tersebut mengandung gula alami dan dapat memberikan energi yang cukup besar.

Rajin mengonsumsi buah-buahan adalah cara yang bagus dan sehat untuk menambah berat badan. Jika merasa sulit untuk makan cukup buah-buahan dan sayuran dalam sehari, cobalah mencampurkannya dalam bentuk jus.

 

# Pisang

Pisang sering kali direkomendasikan untuk rencana menambah berat badan. Memang benar, karena sebuah pisang tunggal berisi 105 kalori dan memberikan sumber energi instan. Pisang juga mengandung banyak karbohidrat sebagai sumber energi yang baik untuk menambah berat badan.

# Alpukat 

Alpukat merupakan buah-buahan lezat yang mengandung lemak sehat. Satu setengah dari buah alpukat mengandung 140 kalori, juga mengandung kadar tinggi kalium, asam folat, dan vitamin E. Alpukat juga kaya akan vitamin B. Alpukat dapat ditambahkan ke dalam salad, potongan daging, atau bahkan pada roti panggang.

# Roti Gandum

Salah satu makanan sehat penambah berat badan adalah roti gandum. Jika Anda mengonsumsi roti gandum, maka sama halnya menambahkan sereal kaya serta dalam menu makan. Sementara roti putih bukan yang terbaik untuk kesehatan.

# Minyak Nabati

Tidak ada yang bisa mengalahkan kelezatan minyak untuk setiap masakan. Seperti halnya minyak zaitun extra virgin, minyak safflower, minyak kelapa, dan minyak kacang yang penuh rasa.

Hebatnya lagi sebagian besar minyak aman untuk digunakan saat memasak pada suhu tinggi, tidak seperti mentega yang kurang tahan terhadap panas tinggi. Walau demikian tidak perlu menggunakannya secara berlebihan, banyak minyak berbasis nabati juga telah memiliki rasa, sehingga dapat menggunakan lebih sedikit saat memasak.

# Kacang- kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan ringan yang termasuk dalam jenis bahan makanan penambah berat badan. Menurut beberapa ahli, kacang-kacangan penuh lemak dan nutrisi, tetapi juga mengandung banyak serat. Hanya dengan makan segenggam kacang dapat membuat perut penuh selama berjam-jam. Memang tidak semua jenis kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang sama. Akan tetapi tetap baik untuk dikonsumsi

# Keju

Keju dapat ditambahkan ke dalam hampir setiap hidangan. Keju memiliki semua manfaat nutrisi dari produk susu. Tetapi hebatnya, keju mengandung lebih banyak lemak, sehingga produk ini juga bisa untuk menambah berat badan. Keju tersedia dalam banyak varietas yang lezat, sehingga menggabungkan keju yang sesuai untuk macam-macam makanan sangat bisa dilakukan.

# Kentang

Salah satu upaya yang dilakukan ketika mencoba untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan karbohidrat. Maka sebaliknya, jika ingin menambah berat badan, konsumsilah makanan yang kaya karbohidrat. Kuncinya adalah memilih karbohidrat yang memiliki nilai gizi.

Kentang adalah pilihan yang memungkinkan sebagai makanan penambah berat badan yang sehat karena tinggi protein, penuh dengan serat, dan mengandung vitamin C. Namun sebaiknya jangan mengolahnya dengan cara digoreng.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer