Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E atau tokoferol merupakan vitamin larut lemak yang secara alami terdapat pada makanan tertentu, baik berupa sayur, buah, maupun yang bersifat hewani. Sumber makanan yang mengandung vitamin E harus selalu ada di setiap menu makanan harian kita guna memenuhi kebutuhan vitamin E harian.

Tahukah Anda berapa kebutuhan vitamin E perhari?? Tentu sangat penting diketahui, sebelum membahas sumber makanan yang mengandung vitamin E, kita harus tahu berapa kebutuhannya, jika vitamin E tercukupi maka kita akan merasakan manfaatnya yang luar biasa banyak.
(silahkan baca: manfaat vitamin E)

Berikut kebutuhan Vitamin E berdasarkan kelompok usia, silahkan disesuaikan:
Bayi

  • 0 sampai 6 bulan: 4 mg / hari
  • 7 sampai 12 bulan: 5 mg / hari

Anak-anak

  • Usia 1 sampai 3 tahun: 6 mg / hari
  • Usia 4 sampai 8 tahun: 7 mg / hari
  • Usia 9 sampai 13 tahun: 11 mg / hari

Remaja dan Dewasa

  • Usia 14 tahun atau lebih : 15 mg / hari
  • Remaja dan wanita hamil: 15 mg / hari
  • Ibu Menyusui : 19 mg / hari

Berikut makanan-makanan yang sering kita jumpai dan mudah didapat yang kaya akan vitamin E.

Sayuran Sumber Vitamin E

Bayam
Sayuran yang satu ini sangat familiar di masyarakat kita selain mudah didapat harganya pun tergolong murah. Tapi tahukah anda ternyata bayam juga mengandung vitamin E, yaitu sebanyak 3,7mg dalam secangkir bayam yang dimasak (180 gram).

Brokoli
Brokoli juga demikian, sayuran ini menjadi sumber vitamin E, karena dalam secangkir brokoli yang dimasak (cincang – 156gram) memiliki 2,3 mg vitamin E.

Sawi
Jangan anggap remeh sayuran yang satu ini, sawi biasanya kita temui sebagai campuran mi ayam ataupun mie instan. selain rasanya yang enak, ternyata sawi juga mengandung vitamin E yang diyakini memiliki antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

Wortel
Selain kaya akan vitamin A, ternyata di dalam wortel ukuran sedang (46 gram) mengandung tokoferol sebanyak 0,5 mg.
sumber vitamin E

Kecambah atau Tauge (toge)
Kecambah dipercaya kaya akan vitamin E, sehingga tidak salah ketika beredar pemahaman bahwa tauge atau kecambah ini baik untuk kesuburan serta banyak manfaat lainnya.

Buah-buahan yang mengandung Vitamin E

Buah Alpukat
Buah alpukat yang sangat enak dibikin jus ini ternyata banyak manfaatnya. Setengah buah alpukat mengandung 2,1 mg vitamin E dan 161 kalori.

Tomat
Buah tomat selain mengandung vitamin C, juga menjadi sumber vitamin E. Tomat berukuran sedang (123 gram) mengandung vitamin E sebanyak 0,75 mg. Seperempat cangkir pasta tomat memiliki 2,8 mg vitamin E, 664 mg kalium, dan 34 mg likopen, dan Setengah cangkir saus tomat  mengandung 2,5 mg vitamin E.

Buah Mangga
Kita memang tidak selalu bisa mendapatkan mangga, buah musiman yang satu ini juga bisa diandalkan sebagai sumber vitamin E, dalam buah mangga ukuran sedang (207 gram tanpa biji) mengandung vitamin E sebanyak 2.3 mg.

Makanan lainnya

  • Biji bunga matahari (kuwaci) tanpa kulit 60 mL (¼ cangkir) mengandung 8-13 mg vitamin E.
  • Kacang tanah, tanpa kulit : 60 mL (¼ cangkir) mengandung vitamin E sebanyak 3 mg.
  • Telur : 2 butir telur ayam ukuran besar dan matang mengandung vitamin E sebanyak 2-3 mg.
  • Belut matang seberat 75 g (2 ½ oz) mengandung 4 mg vitamin E.
  • Daging (termasuk daging ayam) dalam 75 gram mengandung 1,5 – 3 mg tokoferol.
  • Minyak sayur (gandum) sebanyak 5ml (1 sdt) mengandung 7mg tokoferol.

Mungkin masih banyak makanan lainnya yang mengandung vitamin E namun itulah sumber yang terbanyak dan mudah didapat, oleh karena itu jangan lewatkan dalam menu harian Anda ya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer