Suplemen Vitamin Penambah Berat Badan

Vitamin terkenal sebagai makanan sehat, maka tak heran seringkali dipakai untuk mendukung diet sehat untuk melangsingkan atau menurunkan berat badan. Namun ada jenis-jenis vitamin yang justru dapat menambah berat badan dan banyak yang ingin tahu tentang hal ini.

Mungkn saat ini Anda sedang berusha keras menaikkan berat badan anda, cara tercepat, termudah dan umum digunakan yaitu dengan cara meningkatkan asupan makanan tinggi karbohidrat dan protein. Jika hal itu dirasa kurang maka vitamin juga dapat membantu. Vitamin penambah berat badan berfungsi meningkatkan nafsu makan atau dengan cara memperlambat metabolisme.

Berikut daftar suplemen vitamin yang dapat menambah berat badan seseorang:

Vitamin B1 (tiamin)

Vitamin B1 dipercaya dapat membantu menambah berat badan karena ia memiliki efek meningkatkan nafsu makan. Sumber vitamin B1 antara lain: beras merah, biji-bijian dan daging. Mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur akan membantu meningkatkan thiamine dalam tubuh. Kebutuhan vitamin B1 harian yaitu 1,2 mg per hari untuk pria, dan 1,1 mg perhari untuk wanita.

vitamin penambah nafsu makan

Creatine

Kreatin merupakan sumber energi yang baik bagi otot sehingga memberi kekuatan untuk melakukan aktifitas harian maupun oleh raga. Disamping itu kreatin juga berfungsi menambah massa otot, dan hal inilah yang membuat kreatin dapat membantu menambah berat badan. Bahkan tidak hanya menambah berat badan, tetapi juga membuat otot menjadi kekar. Creatine dapat diperoleh dari sumber makanan seperti daging dan ikan. Terkadang susu tertentu juga diperkaya dengan zat creatine ini.

Insulin

Ini sebenarnya bukan vitamin, melainkan hormon tubuh yang berperan memasukkan glukosa dari aliran darah ke dalam jaringan untuk diubah menjadi energi. Jika energi tak terpakai maka akan diubah menjadi massa otot dan jeringan lemak yang pada akhirnya dapat menambah berat badan seseorang. Insulin dilepaskan dalam tubuh sebagai respon terhadap gula yang terkandung dalam makanan yang masuk. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar insulin tubuh adalah dengan cara meningkatkan asupan karbohidrat seperti nasi, roti, ubi-ubian, dan sebagainya.

Zink

Seseorang yang kekurangan zink (seng) dapat mengalami rasa tak enak di mulut, sehingga menurunkan nafsu makan. Oleh karena itu, menjaga diet agar kebutuhan zink selalu terpenuhi akan membantu meningkatkan nafsu makan dan mempercepat penambahan berat badan. Jumlah kebutuhan zink yaitu 11 mg per hari untuk pria, dan 8 mg per hari untuk wanita. Sumber makanan yang banyak mengandung zink termasuk makanan laut (seafood), daging, kacang-kacangan dan produk susu. Zinc juga tersedia dalam bentuk suplemen siap pakai.

Demikian informasi vitamin penambah berat badan ini saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer