20 Jenis Obat Kolesterol Generik dan Paten

Semakin modernnya zaman dan semakin beranekaragam jenis kuliner, banyak ditemukan makanan-makanan yang kaya akan kolesterol. Akibatnya banyak orang yang menderita kolesterol tinggi. Namun informasi mengenai obat kolesterol generik ataupun paten masih sangat terbatas.

Melalui artikel ini akan kami ungkap apa saja obat kolesterol generik yang harganya murah namun ampuh menurunkan kolesterol dan tak kalah ketinggalan informasi mengenai contoh-contoh obat paten yang berharga lebih mahal dan tentunya sebagai obat ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol merupakan molekul lipid (lemak) atau yang menyerupainya. Kolesterol adalah metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol yang dapat ditemukan pada membran sel dan di dalam plasma darah. Hiperkolesterolemia merupakan istilah medis yang menunjukkan kadar kolesterol di dalam darah yang terlalu tinggi.

obat kolesterol generik dan paten

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menjadi faktor risiko yang memicu untuk terjadinya berbagai macam penyakit terutama penyakit jantung. Akan tetapi, tidak semua kolesterol memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Hanya kolesterol LDL saja yang merupakan kolesterol jahat yang berdampak buruk, sedangkan kolesterol HDL disebut juga kolesterol baik karena dapat melarutkan kolesterol jahat. Pahami jenis-jenis dan nilai normal kolesterol.

Dalam melakukan pengobatan kolesterol hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perubahan pada diet menjadi diet yang sehat yaitu dengan mengurangi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi, setelah itu berusaha untuk melakukan latihan jasmani dengan olahraga ringan seperti jalan santai dan jogging dan melakukan pengelolaan berat badan untuk mencapai berat badan ideal.

Mengkonsumsi obat penurun kolesterol juga merupakan salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi obat kolesterol generik ternyata lebih teratur dan konsisten untuk meminum obat dibandingkan orang yang mengkonsumsi obat paten.

OBAT KOLESTEROL GENERIK

Berikut beberapa golongan obat kolesterol generik yaitu :

  1. Golongan Statin : obat ini merupakan obat peghambat enzim HMG CoA reductase. Obat ini bekerja menghambat sintesis kolesterol di hati. Obat ini sangat efektif dalam menurunkan LDL. obat yang termasuk golongan statin yaitu Simvastatin dosis 5 – 40 mg, Lovastatin dosis 10 – 80 mg, Pravastatin dosis 10 – 40 mg, Fluvastatin dosis 20 – 80 mg, Atorvastatin dosis 10 – 80 mg
  2. Golongan Asam Fibrat : obat ini mempunyai efek meningkatkan aktivitas lipoprotein lipase. Obat ini bekerja menghambat produksi VLDL di hati dan meningkatkan aktivitas reseptor LDL. Obat yang termasuk golongan asam fibrat yaitu : Gemfibrozil dosis 300 mg, fenofibrat dosis 160 mg
  3. Golongan Asam Nikotinat : Obat ini bekerja menurunkan produksi VLDL di hati yang berakibat menurunnya LDL dan trigliserida serta meningkatnya HDL.
  4. Golongan Resin Pengikat Asam Empedu : obat ini bekerja mengikat asam empedu yang terdapat di dalam usus dan meningkatan pengubahan kolesterol di dalam hati menjadi asam empedu sehingga kandungan kolesterol hati menurun, total kolesterol dan LDL akan menurun, sedangkan HDL tetap atau akan naik sedikit. Obat yang termasuk golongan ini yaitu Kolestiramin dosis 8 – 16 gram, colestipol dosis 10 – 20 gram, dan colesevelam dosis 6,5 gram
  5. Golongan Penghambat Absropsi Kolesterol : obat ini bekerja menghambat penyerapan kolesterol dari usus, namun obat ini tidak mempengaruhi penyerapan trigliserida, asam lemak, asam empedu, maupun vitamin larut lemak. Obat yang termasuk golongan ini yaitu Ezetimibe 10 mg

OBAT KOLESTEROL PATEN

Berikut ini beberapa nama obat kolesterol yang merupakan obat kolesterol paten, yaitu

  1. Golongan statin : COLESTAT (simvsastatin) 10 mg ; LIPINORM (simvastatin) 10 mg ; LOTYN (lovastatin) 10 mg ; KOLESKOL (pravastatin) 10 mg ; LIPITOR (atorvastatin) 10 mg, 20 mg, 40 mg ; LITORCOM (atorvastatin) 10 mg, 20 mg ; STATOR (atorvastatin) 10 mg, 20 mg.
  2. Golongan asam fibrat : LIFIBRON (gemfibrozil) 300 mg, 600 mg; EVOTHYL (fenofibrat) 300 mg; FIBRAMED (fenofibrat) 300 mg; YOSENOB (fenofibrat) 300 mg; ZUMAFIB (fenofibrat) 300 mg.

Baca juga: Cara Alami Menurunkan Kolesterol

Perbedaan antara obat penurun kolesterol generik dan obat kolesterol paten sangat terkait pada biaya yang lebih rendah, dimana dengan biaya yang lebih rendah ternyata menyebabkan pasien lebih patuh terhadap pengobatan, namun tidak menutup kemungkinan bahwa pasien dengan pendapatan yang lebih besar atau terlindungi oleh asuransi kesehatan juga mungkin memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi dalam mengonsumsi obat paten. Oleh karena itu obat penurun kolesterol generik lebih disarankan dibandingkan obat kolesterol paten karena dapat memberikan hasil akhir yang lebih baik secara klinis.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer