Bioplacenton : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

Bioplacenton adalah obat berbentuk gel yang biasa digunakan untuk mengobati luka bakar. Sebagai obat oles luka bakar, bioplacenton mengandung dua bahan aktif utama yaitu Placenta extract 10% dan Neomycin sulfate 0,5%. Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai obat luka bakar populer yang satu ini.

Mengenal Obat Bioplacenton

Obat ini dikemas dalam tube dengan berat bersih 15 gram. Dalam setiap kemasannya bioplacenton mengandung:

  • Placenta extract 10%
  • Neomycin sulfate 0,5%

bioplacenton

Placenta extract atau ekstrak plasenta dalam obat ini bekerja memicu pembentukan jaringan baru dan untuk mempercepat penyembuhan luka. Beberapa ahli percaya zat ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak plasenta dapat meringankan gejala menopause. Beberapa produsen kosmetik juga menambahkan ekstrak ini untuk kesehatan rambut dan produk perawatan kulit.

Ekstrak placenta untuk pengobatan luar digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka bakar, luka kronis, dan cacat kulit. Zat ini bisa bekerja dengan cara meningkatan faktor pertumbuhan beta (TGF-beta) pada fase awal penyembuhan luka dan peningkatan faktor pertumbuhan endotel vaskular (VEGF) pada fase akhir.

Neomycin Sulfat adalah antibiotik golongan aminoglikosida. Mekanisem kerja aminoglikosida yaitu mengikat 30S subunit ribosom bakteri, menyebabkan salah baca pada t-RNA, sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri.

Aminoglikosida berguna terutama pada infeksi yang melibatkan bakteri Gram-negatif aerob, seperti Pseudomonas, Acinetobacter, dan Enterobacter. Selain itu, beberapa mycobacteria, termasuk bakteri yang menyebabkan tuberkulosis, rentan terhadap aminoglikosida.

Indikasi dan Kegunaan

Bioplacenton obat apa? Seperti telah dijelaskan sebelumnya mengenai kandungan obat ini beserta mekanisme kerjanya, maka bioplacenton dapat digunakan untuk mengobati:

Kontraindikasi

Bioplacenton tidak boleh digunakan untuk orang yang alergi atau hipersensitif terhadap Neomycin dan antibiotik lain golongan aminoglikosida. Tidak boleh juga digunakan untuk orang yang alergi atau hipersensitif terhadap ekstrak plasenta dan komponen lain dari obat.

Dosis Bioplacenton dan Cara Pemakaiannya

Dosis Bioplacenton:

  • Oleskan 4 -6 kali sehari atau sesuai kebutuhan pada area luka.

Cara menggunakan bioplacenton:

  • Bersihkan daerah luka, biarkan hingga kering, dan kemudian dengan lembut menggosok sampai rata. Gunakan obat hanya cukup untuk menutupi daerah yang terluka. Anda harus mencuci tangan setelah menerapkan obat.
  • Jangan digunakan daerah popok bayi, kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh dokter. Jika Anda dianjurkan untuk menerapkan neomycin ke daerah popok bayi, jangan menggunakan popok ketat. Hal ini untuk menghindari meningkatnya penyerapan obat, yang dapat menimbulkan efek berbahaya.
  • Oleskan tipis-tipis saja  tidak boleh lebih tebal atau lebih sering dari yang dianjurkan. Hati-hati, neomycin yang terkandung di dalam obat ini dapat diserap ke dalam tubuh melalui kulit dan apabila berlebihan berpotensi menyebabkan gangguan ginjal dan telinga.

Efek Samping Bioplacenton

Pada umumnya, obat ini dapat ditoleransi baik oleh tubuh. Jarang menimbulkan efek samping, akan tetapi apabila ada reaksi alergi seperti kulit menjadi kemerahan, gatal, atau bengkak segera hentikan pengobatan dan hubungi dokter.

Karena Bioplacenton mengandung antibiotik, maka penggunaan jangka panjang berpotensi menyebabkan infeksi sekunder.

Peringaatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini harap perhatikan beberapa aspek keamanan obat berikut ini:

  • Tidak boleh menggunakan Bioplacenton untuk daerah kelopak mata.
  • Hindari penggunaan jangka panjang, karena obat ini mengandung antibiotik yang apabila digunakan jangka panjang bisa menyebabkan Superinfeksi yaitu pertumbuhan organisme patogen lain yang tidak peka, misalnya jamur.
  • Beritahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit ginjal sebelum menggunakan obat ini.
  • Hubungi dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui sebelum menggunakan bioplacenton.

Simpan obat dalam wadahnya, tertutup rapat, dan hindarkan dari jangkauan anak-anak. Simpanlah pada suhu kamar dan jauh dari sumber panas dan lembab.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer