Obat Jamur Kuku Paling Ampuh Agar Hilang Tuntas

Jamur kuku bisa menimbulkan penderitaan yang lebih daripada jamur kulit, diperlukan juga pengobatan yang lebih intens dan lama. Memang saat ini telah banyak tersedia “obat jamur kuku”, namun manakah obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan kondisi ini. Segera akan kita ketahui.

Infeksi jamur kuku dalam istilah medis disebut onikomikosis atau tinea unguium adalah infeksi jamur yang menyerang kuku, baik kuku jari tangan ataupun kuku jari kaki. Infeksi berkembang secara perlahan dan menyebabkan kuku menjadi berubah warna, menebal dan terdistorsi.

obat jamur kuku

gambar kuku yang terkena jamur

Baca juga: Ciri-Ciri Jamur di Selangkangan dan Cara Mengobati

Sebelum membahas lebih lanjut tentang obat jamur kuku dan pengobatan lainnya, mari kita kenali terlebih dahulu ciri-ciri kuku yang terkena jamur. Infeksi jamur kuku mungkin tidak menimbulkan gejala yang jelas pada tahap awal. Seiring berlangsungnya penyakit, infeksi jamur dapat menyebabkan:

  • Perubahan warna kuku  – mungkin menjadi putih, hitam, kuning atau hijau
  • penebalan dan distorsi kuku  – kuku menjadi berubah bentuk tidak seperti kuku sehat di sekitarnya, teksturnya menjadi kasar dan mungkin sulit untuk dipotong karena menebal.
  • rasa sakit atau ketidaknyamanan  – terutama ketika menggunakan atau ada tekanan pada kaki atau jari yang terkena
  • kuku rapuh – kuku mudah rapuh dan bersisik.

Kadang-kadang kulit terdekat juga dapat terinfeksi dan menjadi gatal dan retak atau merah dan bengkak.

Langkah-Langkah Mengobati Jamur Kuku

# Periksakan ke Dokter

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah benar bahwa kuku Anda terinfeksi jamur atau malah disebabkan oleh hal  lain. Dokter akan memeriksa dengan seksama kondisi kuku Anda. Tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas bisa menjadi acuan. Dari situ dokter juga akan merekomendasikan obat jamur kuku ampuh untuk digunakan atau jika tidak memungkinkan untuk menggunakan obat, maka pencabutan kuku mungkin menjadi pilihan yang tepat.

obat jamur kuku paling ampuh

# Obat Jamur Kuku

Ada beberapa kelompok obat anti jamur untuk menghilangkan jamur kuku sebagai berikut:

  • Obat topikal dapat diresepkan dalam kasus-kasus tertentu. Topikal artinya obat yang digunakan secara lokal pada tempat yang sakit. Dalam hal ini kita gunakan obat jamur kuku krim dan lotion. Bekerja secara lambat, bisa memakan waktu beberapa bulan dan hanya efektif pada kasus yang ringan.
  • Obat oral juga sering digunakan untuk melawan infeksi jamur. Oral artinya mulut, jadi ini adalah kelompok obat minum. Ada berbagai obat yang tersedia tetapi banyak dapat menyebabkan komplikasi kesehatan bagi mereka dengan kondisi kesehatan tertentu, jadi pastikan bahwa dokter mengetahui riwayat kesehatan Anda.
  • Lacquer antijamur kadang-kadang digunakan untuk memerangi infeksi jamur kuku. Ditempatkan pada kuku seperti cat kuku, ini bisa menjadi cara mudah untuk menghilangkan jamur pada kuku, tetapi membutuhkan resep.

Infeksi ringan yang mempengaruhi kurang dari 80% dari satu atau dua kuku dapat merespon dengan obat antijamur topikal, akan tetapi untuk menyembuhkan dengan tuntas biasanya membutuhkan obat antijamur oral. Infeksi kuku tangan biasanya sembuh lebih cepat dan efektif daripada infeksi jamur kuku kaki.

Obat jamur kuku topikal digunakan dua kali seminggu selama 6 -12 bulan:

  • Amorolfine
  • Ciclopirox lacquer kuku

Obat jamur kuku oral digunakan berkisar dari 6-12 minggu (kuku tangan) atau 3-6 bulan (kuku kaki):

  • Terbinafine 250mg tablet sekali sehari
  • Itrakonazol kapsul 100mg, 200mg sekali sehari atau 200mg bd selama 7 hari setiap bulan

( ! ) Obat jamur kuku oral harus dihindari selama kehamilan.

Pencabutan kuku jarang diperlukan tetapi dapat dipertimbangkan jika yang ada adalah kerusakan kuku Total. Operasi pengangkatan kuku memang tidak menyenangkan dan menyakitkan namun bisa menghilangkan jamur kuku dengan tuntas.

Ikuti petunjuk dokter! Sekali lagi, selalu ikutilah petunjuk dokter, jangan menghentikan pengobatan sembarangan. Jamur kuku harus diobati dengan tuntas agar infeksi kembali atau memburuk. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggabungkan metode pengobatan yang berbeda.

# Prosedur bedah dan Semisalnya

  • Pencabutan kuku. Jika infeksi kuku berat atau sangat menyakitkan, dokter mungkin menyarankan pengangkatan kuku. Setelah dilakukan pencabutan, kuku baru biasanya akan tumbuh di tempatnya. Tapi akan tumbuh secara perlahan-lahan dan mungkin memakan waktu selama satu tahun untuk tumbuh kembali sepenuhnya. Kadang-kadang prosedur ini digunakan dalam kombinasi dengan Ciclopirox untuk mengobati kuku.
  • Laser dan terapi berbasis cahaya. Studi lebih lanjut diperlukan, tetapi metode ini dapat membantu meringankan. Laser dan terapi berbasis cahaya tidak banyak tersedia, mahal, dan sering tidak diasuransikan.

# Obat Jamur Kuku Herbal dan Alternatif

obat jamur kuku alami

  • Gunakan Vick VapoRub. Gunakan Vapor Rub salep pada kuku yang terkena jamur sebelum mengenakan kaus kaki. Pastikan bahwa jari-jari kaki sudah dikeringkan sebelum menerapkan Vapor Rub untuk menghindari kelembaban yang berlebihan. Memang memerlukan waktu sampai jamur kuku bisa hilang dengan cara yang mudah dan murah ini.
  • Gunakan air dan cuka. Rendam kaki Anda dalam larutan air dan cuka selama setidaknya setengah jam sebelum tidur. Hal ini akan menurunkan pH dari kuku kaki Anda sehingga jamur tidak bisa lagi bertahan hidup. Anda perlu melakukan ini secara teratur, setiap malam, selama tiga sampai enam bulan.
  • Bawang putih. Campuran minyak bawang putih dan cuka putih dengan perbandingan yang sama akan memperlambat aktifitas jamur karena sifat anti-jamur yang terkandung dalam bawang putih. Oleskan campuran ini ke daerah yang terkena dan menutupi kaki dengan perban elastis.
  • Listerine. Tidak ada yang pernah bisa membayangkan bahwa obat kumur populer, Listerine bisa berguna sebagai salah satu obat jamur kuku yang tergolong efektif. Apa yang harus dilakukan? Bagaimana menyembuhkan jamur kuku dengan Listerine? Rendam kaki yang terkena dalam larutan yang terbuat dari  Listerine dan cuka putih dengan perbandingan yang sama selama sekitar 30 menit, kemudian gosok kuku kaki yang terinfeksi dengan lembut. Bilas dan ulangi proses sekali atau dua kali sehari.
  • Baking Soda. Salah satu obat jamur kuku sederhana yang efektif digunakan adalah baking soda. Hal ini juga akan membuat struktur jamur menjadi rusak dan sulit kembali. Tambahkan 4-5 sendok makan baking soda dalam sebuah wadah berisi air dan rendam kaki Anda di dalamnya selama 15 menit. Ulangi proses ini beberapa kali sehari.
  • Minyak Kelapa. Minyak kelapa diyakini sebagai obat ajaib untuk menghilangkan jamur kuku. Ini memiliki sejumlah karakteristik yang unik dan sifat menjadikannya sebagai obat kesehatan yang efektif. Bersihkan daerah yang terkena, oleskan minyak ke jari kaki dan pijat ke kuku. Ulangi proses ini dua kali sehari.
  • Cuka sari apel. Cairan ini memiliki  pH yang rendah sehingga  membuat semakin sulit bagi jamur untuk dapat bertahan hidup. Hal ini dianggap sebagai pengobatan jamur kuku yang paling efektif dan terbaik. Potong dan bersihkan kuku kaki yang terinfeksi. Kemudian rendam jari-jari kaki atau tangan yang terkena dalam cuka sari apel setidaknya dua kali sehari.

# Perawatan Kuku Di Rumah

  • Memungkinkan udara untuk mencapai kaki yang terinfeksi sebanyak mungkin. Kaus kaki dan sepatu yang lembab akan memudahkan perkembangbiakan dan pertumbuhan jamur. Maka usahakan untuk bertelanjang kaki sebanyak yang Anda bisa. Jangan memakai kaus kaki lebih dari satu hari tanpa mencucinya. Gunakanlah kaos kaki yang berbahan loggar.
  • Hindari memakai sepatu ketat. Sepatu ketat mendorong jari-jari kaki berdempetan satu sama lain, berpotensi mentransfer jamur dan sering menciptakan lingkungan yang lembab, hangat dan tertutup sempurna sehingga dicintai oleh jamur. Gunakanlah sepatu yang bisa “bernapas”.
  • Jaga kaki tetap kering. Setelah mandi, berenang dan aktivitas yang membuat kaki berkeringat atau basah, keringkan dengan segera. Ini akan membantu menjaga infeksi agar infeksi jamur kuku tidak memburuk. Berhati-hatilah menggunakan kolam renang umum karena bisa menjadi media penyebaran infeksi.
  • Cuci tangan dan kaki secara teratur dan menjaga kuku tetap pendek dan kering. Cuci tangan dan kaki dengan sabun dan air, bilas, dan keringkan secara menyeluruh, termasuk di sela-sela jari. Potong kuku secara teratur untuk menjaganya tetap pendek.
  • Cuci tangan setelah menyentuh kuku terinfeksi. Jamur kuku dapat menyebar dari kuku kaki ke kuku tangan atau sebaliknya, bahkan bisa menyebar ke kulit.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer