Terapi Obat Kesuburan untuk Pria dan Wanita

Tidak sedikit pasangan yang sudah bertahun-tahun mengharapkan kehadiran sang buah hati, namun tak kunjung berhasil. Tak jarang dari mereka membutuhkan terapi fertilitas salah satunya dengan obat kesuburan baik bagi pasangan pria ataupun wanita. Seperti apa terapi yang dimaksud? simak terus artikel ini hingga selesai.

Obat Kesuburan untuk Wanita

Ada banyak sekali jenis obat kesuburan bagi perempuan jika dibandingkan dengan laki-laki. Alasannya karena ada banyak jalan dan lebih mudah mempromosikan produksi telur pada wanita daripada meningkatkan jumlah sperma pada pria. Berikut ini adalah daftar obat kesuburan bagi wanita yang lazim digunakan.

obat kesuburan

Obat follicle stimulating hormone (FSH)

FSH adalah hormon yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Efek dari FSH adalah menyebabkan salah satu sel telur di ovarium untuk menjadi matang sehingga siap untuk ber-ovulasi. Sel telur yang berhasil keluar dari ovarium (ovulasi) berarti telah siap untuk dibuahi sehingga terjadilah kehamilan. Seperti FSH alami tubuh, preparat obat FSH juga dapat mempromosikan ovulasi dengan cara kerja yang sama.

Preparat FSH direkomendasikan untuk wanita dengan ovarium yang masih berfungsi tetapi menghasilkan telur yang tidak matang secara teratur. FSH tidak dianjurkan untuk wanita dengan kegagalan ovarium prematur, oleh sebab itu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Ada langkah pretreatment yang harus dijalani sebelum menggunakan FSH, biasanya akan diperlakukan terapi pendahuluan dengan obat yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG).

Berikut contoh-contoh obat FSH yang tersedia di apotek.

  • Urofollitropin Liofilisat. obat ini terbuat dari FSH manusia, diberikan dengan suntikan subkutan yakni disuntikkan ke daerah lemak di bawah kulit.
  • Follitropin alfa Liofilisat. Obat ini adalah versi rekombinan FSH, diberikan juga melalui suntikan subkutan.

Obat Clomiphene

Clomiphene adalah modulator reseptor estrogen selektif (SERM). Ia bekerja dengan merangsang kelenjar pituitary yang ada di otak. Kelenjar inilah yang memproduksi FSH. Clomiphene akan merangsang kelenjar pituitary untuk mengeluarkan lebih banyak FSH. Ini sering digunakan untuk wanita yang memiliki sindrom polikistik ovarium (PCOS) atau masalah lain dengan ovulasi. Tersedia dalam bentuk tablet.

Human chorionic gonadotropin (hCG)

Human chorionic gonadotropin adalah hormon yang dibuat secara alami oleh tubuh. Hormon ini memicu folikel di salah satu ovarium untuk melepaskan telur yang telah matang (ovulasi) dan memicu ovarium untuk menghasilkan hormon progesteron. Progesteron melakukan banyak hal, termasuk mempersiapkan rahim untuk sel telur yang telah dibuahi agar mudah menempel (implan) di dalam rahim dan berlangsunglah proses kehamilan.

Bentuk obat hCG sering digunakan dengan clomiphene atau human menopausal gonadotropin (hMG). Ini hanya boleh digunakan pada wanita dengan berfungsi ovarium. Ini tidak boleh digunakan pada wanita dengan kegagalan ovarium prematur.

Contoh obat hCG yang tersedia antara lain:

  • Rekombinan human chorionic gonadotropin (r-hCG). Obat kesuburan ini diberikan melalui suntikan subkutan. Sebelum menggunakan r-hCG, diperlukan terapi pendahuluan (pretreatment) dengan human menopausal gonadotropin (hMG) atau FSH. hCG rekombinan diberikan sebagai dosis tunggal satu hari setelah dosis terakhir terapi pendahuluan. Obat ini tersedia dengan merek Ovidrel.
  • Human chorionic gonadotropin (hCG).Obat ini disuntikkan ke dalam otot, disebut injeksi intramuskular. Sebelum menggunakan obat ini, diperlukan terapi pendahuluan (pretreatment) dengan human menopausal gonadotropin (hMG) atau FSH. hCG diberikan sebagai dosis tunggal satu hari setelah dosis terakhir pretreatment. Obat kesuburan wanita ini tersedia sebagai obat generik dan sebagai obat merek Novarel dan Pregnyl.

Human menopausal gonadotropin (hMG)

Obat kesuburan untuk wanita ini adalah kombinasi dari dua hormon manusia FSH dan LH. hMG digunakan untuk wanita yang memiliki ovarium sehat tetapi tidak dapat mengembangkan telur. hMG tidak boleh digunakan untuk wanita dengan kegagalan ovarium prematur. Obat ini diberikan secara injeksi subkutan.

Antagonis Gonadotropin-releasing hormone (GnRH)

Antagonis GnRH sering digunakan pada wanita yang diobati dengan teknik yang disebut controlled ovarian stimulation (COS). COS biasanya digunakan pada perawatan kesuburan seperti fertilisasi in vitro (IVF) atau bayi tabung.

Antagonis GnRH bekerja dengan cara mencegah tubuh agar tidak memproduksi FSH dan LH. Kedua hormon iini menyebabkan ovarium melepaskan telur sehingga apabila ditekan, maka ovulasi spontan tidak akan terjadi. Obat ini memungkinkan telur matang dengan benar sehingga dapat digunakan untuk prosedur bayi tabung (IVF).

Antagonis GnRH biasanya digunakan dengan hCG. Dua antagonis GnRH yang tersedia:

  • Ganirelix asetat. Obat ini diberikan melalui suntikan subkutan. Ini hanya tersedia sebagai obat generik.
  • Asetat Cetrotide. Obat ini juga diberikan melalui suntikan subkutan. Ini hanya tersedia dengan merek Cetrotide.

Antagonis Dopamin

Antagonis dopamin dapat digunakan untuk mengobati kondisi yang disebut hiperprolaktinemia. Obat kesuburan ini bekerja dengan cara mengurangi produksi prolaktin oleh kelenjar pituitari. Berikut contoh obatnya:

  • Bromocriptine  (tablet)
  • Kabergolin (tablet)

Obat Kebuburan untuk Pria

Tidak sebanyak pada wanita, obat kesuburan untuk pria hanya ada dua macam:

  • Human chorionic gonadotropin (hCG). Digunakan untuk meningkatkan produksi testosteron (hormon pria), obat hCG diberikan kepada laki-laki dengan injeksi subkutan.
  • Follicle-stimulating hormone (FSH). Digunakan untuk membantu merangsang produksi sperma. Diberikan melalui suntikan subkutan.

Bicarakan dengan dokter Anda

Jika Anda berurusan dengan infertilitas atau kemandulan , berbicaralah dengan dokter. Mereka dapat memberitahu Anda tentang semua pilihan pengobatan yang tepat, termasuk obat kesuburan. Diskusikan daftar obat yang ada di sini dengan dokter Anda dan pastikan untuk mengajukan pertanyaan penting berikut ini:

  • Apa sebenarnya penyebab dari infertilitas yang saya atau pasangan saya alami?
  • Apakah saya, atau pasangan saya, memerlukan pengobatan dengan obat kesuburan?
  • Apakah ada perawatan lain selain obat yang bisa membantu mengatasi kemandulan?

Belajar tentang semua pilihan pengobatan dapat membantu Anda merasa lebih tepat dan lebih mampu untuk memilih pendekatan perawatan kesuburan yang tepat bagi Anda atau pasangan Anda. Semoga Berhasil!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer