Obat Mata Merah yang Layak Anda Pilih

Banyak orang menderita mata merah dan bertanya-tanya bagaimana cara benar mengobati gejala tersebut termasuk penggunaan obat mata merah. Seperti namanya, mata merah maksudnya mata yang biasanya putih menjadi berwarna merah. Pembuluh darah di bagian putih mata yang membesar menjadi penyebabkan kemerahan pada mata.

Mata merah memang sering disebabkan oleh hal-hal sederhana dan kondisi yang ringan, namun terkadang bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius, seperti infeksi virus, glaukoma, terlukanya kornea, dan lain-lain. Sebelum mencoba untuk mengobati mata merah sendiri pastikan bahwa tidak ada gejala lain yang menyertai mata merah seperti penglihatan kabur, silau ketika melihat cahaya, penglihatan sempit, rasa sakit, dan sebagainya.

obat mata merah

Obat mata merah yang akan kami sampaikan disini bertujuan untuk mengatasi mata merah tanpa disertai dengan gejala-gejala di atas dan ini bisa digunakan sebagai langkah awal pertolongan pertama dalam mengatasi mata merah.

Baca juga: 16 Penyebab Mata Merah dan Cara Mengobatinya

4 Macam Obat Mata Merah yang Aman

1. Air mata buatan

Mata merah paling sering disebabkan oleh mata kering. Kadang-kadang mata Anda bisa menjadi kering dan meradang setelah tidur malam yang singkat. Kemerahan disebabkan oleh mata kering sering disertai dengan rasa gatal, terbakar dan sensasi berpasir. Air mata buatan, yang merupakan tetes mata pelumas, dapat memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan dengan cepat. Air mata buatan ini dapat Anda beli dengan bebas tanpa resep dokter dan tersedia dalam berbagai nama merek dan formulasi. Air mata buatan harus diterapkan cukup sering, ironisnya kebanyakan orang cenderung hanya sedikit menggunakannya sehingga kurang efektif.

Cara Menggunakan : Cobalah meneteskan air mata buatan setiap jam selama enam jam pertama, kemudian empat kali per hari selama dibutuhkan.

2. Kompres Dingin

Jika Anda tidak bisa pergi ke apotek untuk membeli obat meta merah, kompres dingin merupakan cara sederhana dan ampuh untuk membantu menyempitkan pembuluh darah di mata Anda sehingga akan menghilangkan mata merah. Untuk membuat kompres dingin, isi mangkuk dengan es dan air. Rendamlah kain lap atau handuk kecil yang bersih ke dalam mangkuk, lalu peras untuk membuang kelebihan air. Kompres dingin tidak hanya akan membantu mengatasi mata merah tetapi juga akan membantu mengurangi retensi cairan di sekitar mata yang membuat mata bengkak setelah tidur.

Cara Menggunakan : Terapkan kompres dingin untuk mata yang tertutup selama 5 sampai 10 menit, beberapa kali per hari.

3. Obat Tetes Mata Antihistamin

Jika mata berwarna merah, tetapi juga terasa perih dan gatal, bisa jadi itu merupakan gejala mata alergi. Jika Anda belum sempat pergi ke dokter dengan segera, maka sebagai pertolongan pertama Anda bisa mencoba obat tetes mata antihistamin yang dijual bebas. Setelah bertahun-tahun hanya tersedia dengan resep, obat tetes mata ini sekarang tersedia bebas tanpa resep. Berbagai merk seperti OPCON-A atau NAPHON-A, adalah beberapa contoh obat tetes mata yang mengandung antihistamin untuk mengontrol gatal dan vasokonstriktor untuk mengecilkan pembuluh darah yang bengkak untuk mengurangi kemerahan.

Cara Menggunakan: Obat ini bekerja cepat dan singkat, sehingga mereka harus diambil empat kali per hari atau lebih, dan tidak boleh digunakan jangka panjang. Jika kondisi tidak membaik atau malah memburuk, maka segeralah pergi ke dokter.

4. Vasokonstriktor

Vasokonstriktor merupakan obat yang sering dijual dengan tulisan “Obat Mata Merah Tetes”, karena efek obat ini secara langsung akan mengecilkan pembuluh darah kecil di konjungtiva. Vasokonstriktor tidak kurang aman digunakan tanpa rekomendasi dokter, karena bila digunakan terlalu lama, bisa menyebabkan mata merah berulang dengan kondisi yang lebih berat yakni ketika tetes mata tidak digunakan lagi, pembuluh darah bisa melebar bahkan lebih besar dari sebelumnya, ini yang disebut dengan fenomena hiperemia rebound.

Saran penggunaan: Teteskan hanya dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur. Vasokonstriktor mengurangi kemerahan dan dapat digunakan dengan aman selama beberapa minggu. Jika Anda harus menggunakannya setiap pagi untuk dapat mengatasi kemerahan pada mata, maka carilah saran dari dokter mata.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer