Obat Sakit Gigi untuk Anak, Efektif dan Aman

Ketika anak mengalami sakit gigi, sebagai orang tua tentu kita akan merasa begitu kasihan dan ingin segera menghilangkan penderitaannya itu. Salah satu cara yang dapat ditempuh yaitu memberikan obat sakit gigi untuk anak tercinta.

Namun kita harus berhati hati, karena tidak semua obat sakit gigi itu aman untuk anak. Salah-salah, malah menimbulkan efek samping yang berbahaya. Itulah mengapa setiap kasus sakit gigi pada anak akan lebih baik jika diperiksakan ke dokter gigi.

Sebagai seorang dokter saya merasa terpanggil untuk menulis artikel tentang obat sakit gigi untuk anak ini, tujuannya agar ayah bunda bisa mendapatkan informasi mengenai pertolongan pertama ketika anak mengalami sakit gigi, tanpa menimbulkan masalah atau efek samping yang berbahaya bagi anak.

Apa yang harus anda lakukan ketika anak sakit gigi?

Ada banyak sekali penyabab sakit gigi, yang paling sering adalah akibat gigi berlubang, bisa juga masalah pada gusi, dan terkadang terjadi karena masalah sederhana seperti menyelipnya sepotong makanan pada sela-sela gigi.

obat sakit gigi untuk anak

Itu sebabnya, jika anak mengeluh sakit gigi, pertama lihatlah dengan menggunakan senter jika ada makanan yang menyelip maka bersihkan sebelum Anda memberi obat sakit gigi untuk anak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara gosok gigi, flossing lalu membilasnya dengan air hangat atau kombinasi air hangat dengan garam. Air garam hangat juga bagus untuk meredakan peradangan atau pembengkakan pada gusi dengan cara menggunakannya untuk berkumur selama 1 menit beberapa kali sehari.

Obat Sakit Gigi Anak

Jika sakit gigi belum mereda, kita bisa memberi anak obat sakit berupa sirup atau menerapkan sejumlah kecil obat bius yang mengandung benzocaine gigi yang dijual bebas di toko obat atau apotek. Hati-hati apapun kondisinya tidak boleh memberikan obat apapun kepada anak di bawah dua tahun selain petunjuk dokter.

Obat sirup untuk sakit gigi anak yang biasa digunakan adalah parasetamol sirup dan ibuprofen sirup, untuk anak yang berusia di atas 10 tahun mungkin bisa juga menggunakan sediaan tablet. Sebelum menggunakan perhatikan label mengenai kontraindikasi dan efek samping.

Selain obat yang diminum, tersedia obat sakit gigi anak yang bisa diterapkan langsung pada gigi yang sakit, dengan cara mengolesanya dengan menggunakan kapas atau cutton buds. Obat ini berupa cairan kadang ada juga yang berbentuk gel, mengandung benzocaine yang dapat meredakan rasa sakit untuk sementara waktu. Sebagai contoh produknya yaitu Dentasol (hati-hati jangan tertelan). Informasi lebih lengkap: Obat Sakit Gigi Paling Manjur

Jangan menggunakan aspirin untuk mengobati sakit gigi anak, karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan lunak dan bahkan menyebabkan penyakit fatal yang dikenal sebagai sindrom Reye. Di Indonesia banyak obat antinyeri yang juga merupakan penurun demam anak yang mengandung Aspirin atau ditulis dengan nama lain yaitu asam asetilsalisilat atau asetosal (Selalu baca komposisi obat)

Tentu saja, ini hanya solusi sementara. Jika sakit gigi anak tetap bertahan, hubungi dokter gigi dalam waktu 24 jam. Jika sakit gigi disertai dengan salah satu gejala sakit berikut: denyut-denyut, demam, kelelahan, atau malaise, kesulitan menelan atau bernafas, maka segera mencari pertolongan medis sesegera mungkin tanpa menunggu setelah 24 jam.

Jika sakit gigi anak disebabkan gigi berlubang, maka perawatan gigi yang dapat dokter lakukan antara lain membersihkan gigi dan menambalnya, perawatan saluran akar,  atau pencabutan gigi. Baca juga: Mengobati Sakit Gigi dengan Tuntas

Itu semua dilakukan setelah gigi tidak sakit lagi, untuk itu langkah pertama adalah dalam beberapa hari terlbih dahulu minum obat sakit gigi untuk anak seperti di atas yang dikombinasikan dengan antibiotik jika diperlukan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer