6 Macam Obat Vertigo Pilihan

Ketika vertigo terjadi, sudah pasti membuat siapa saja yang mengalami ataupun yang menyaksikannya menjadi panik. Tak ada tindakan terbaik untuk saat ini selain cepat-cepat mengobati gejala vertigo, salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat vertigo, baik yang bisa Anda beli bebas ataupun yang diresepkan oleh dokter.

Apa itu vertigo?

Sebelum berbicara tentang obat vertigo, terlebih dahulu mari kenali penyakit yang satu ini. Vertigo adalah istilah klinis yang digunakan dalam menggambarkan suatu gejala berupa sensasi berputar yang dirasakan baik pada diri sendiri maupun pada lingkungan sekitar. Selain sensasi berputar seseorang yang mengalami vertigo juga akan mengalami gangguan keseimbangan yang dapat membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam berdiri atau berjalan dan bahkan bisa menyebabkan sensasi mual hingga muntah.

obat vertigo

Oleh karena itu maka penyakit vertigo ini pada keadaan yang berat dapat sangat mengganggu bahkan menghambat aktivitas harian. Dalam bahasa awam vertigo disebut sebagai pusing tujuh keliling atau pusing berputar. Harap dibedakan dengan sakit kepala.

Mengenal Aneka Macam Obat Vertigo

Obat vertigo adalah golongan obat – obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala – gejala yang muncul pada vertigo. Pemberian obat vertigo dalam penatalaksanaan vertigo memiliki beberapa tujuan yaitu:

  • Menghilangkan keluhan vertigo,
  • Memberikan perbaikan pada proses kompensasi vestibuler
  • Meminimalkan gejala psikoafektif maupun gejala neurovegetatif yang muncul

Beberapa golongan obat anti vertigo yang dapat dipakai dalam penanganan vertigo di antaranya adalah :

1. Antikolinergik

Antikolinergik merupakan golongan obat untuk vertigo yang pertama sekali digunakan pada pengobatan vertigo. Antikolinergik bekerja pada reseptor muskarinik perifer untuk memberikan efek penekanan pada respon vestibuler sehingga gejala – gejala vertigo dapat berkurang. Obat antikolinergik yang diberikan secara oral dapat memberikan efek antivertigo dengan lama rata – rata sekitar 4 jam. Efek samping antikolinergik ini antara lain mulut kering, gangguan pada tajam penglihatan, gangguan berkemih, dan konstipasi. Nama obat vertigo golongan ini yang sering dipakai antara lain skopolamin dan homatropin.

2. Antihistamin

antihistamin merupakan golongan obat anti vertigo yang paling sering diresepkan dokter. Antihistamin bekerja pada reseptor histamin-1 perifer untuk memberikan efek penekanan pada respon vestibuler sehingga mengurangi gejala vertigo. Obat ini juga dapat bekerja sentral untuk mencegah dan mengurangi “motion-sickness” atau mabuk perjalanan. Obat antihistamin yang diberikan secara oral dapat memberikan efek antivertigo dengan lama rata – rata sekitar 4 hingga 12 jam. Efek samping antihistamin ini adalah menimbulkan sedasi. Nama obat vertigo golongan ini yang sering dipakai antara lain dimenhidrinat, difenhidramin, meklozin, siklizin, dan prometazin.

3. Histaminergik

Histaminergik merupakan preskursor histamin sintetik. Histaminergik bekerja sebagai vasodilator pembuluh darah memberikan efek vasodilatasi pada pembuluh darah telinga tengah sehingga terjadi perbaikan pada sistem peredaran darah area vestibuler. Nama obat vertigo golongan ini yang sering dipakai antara lain betahistin dan interhistin.

4. Antidopaminergik

Antidopaminergik merupakan golongan obat yang digunakan untuk mengurangi keluhan mual pada vertigo. Nama obat vertigo golongan ini yang sering dipakai antara lain domperidon dan metoklopramid. Efek samping antidopaminergik ini antara lain dapat menimbulkan hipotensi ortostatik dan beberapa keluhan gejala ekstrapiramidal, seperti parkinsonisme, diskinesia tardif, dan distonia akut

5. Benzodiazepin

Benzodiazepin merupakan golongan obat anti vertigo yang bekerja pada reseptor GABA memberikan efek penekanan sentral pada respon vestibuler untuk mengurangi gejala vertigo, namun obat – obat memiliki efek sedatif yang dapat memberikan pengaruh pada kompensasi sistem vestibuler. Selain efek sedasi obat ini juga memiliki efek hipnotik, relaksasi otot dan sebagai anti kejang. Nama obat vertigo golongan ini yang sering dipakai antara lain lorazepam, diazepam, dan klonazepam.

6. Antagonis Kalsium

Antagonis kalsium merupakan golongan obat anti vertigo yang yang bekerja pada resptor kalsium di daerah vestibuler dan mengahmbat ion kalsium yang masuk ke dalam sel untuk memberikan efek penekanan pada respon vestibuler sehingga gejal vertigo dapat berkurang. Selain efek antivertigo obat ini dilaporkan juga mempunyai efek sedatif, efek antidopaminergik, dan efek antihistamin-1. Nama obat vertigo golongan ini yang sering dipakai antara lain sinarizin dan flunarizin.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer