Vitacid Si Obat Penghilang Jerawat

Vitacid adalah salah satu jenis merek salep jerawat di apotik yang cukup populer. Karena tidak hanya sebagai terapi untuk menghilangkan jerawat, tetapi juga bisa mengusir komedo dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Namun jangan asal membeli dan menggunakannya sebelum Anda mengetahui manfaat, cara penggunaan, hingga efek samping vitacid ini.

Mengenal Vitacid Krim Penghilang Jerawat

VITACID® CREAM merupakan salah satu merek salep atau krim penghilang jerawat yang memiliki kandungan Tretionin, suatu preparat vitamin A. Tersedia dalam tiga kemasan sesuai dengan persen (%) kandungan tertinoin, yakni Vitacid 0,05%, Vitacid 0,025% dan Vitacid 0,1% yang dikemas dalam tabung almunium dengan kapasitas 15 gram.

vitacid harus dengan resep dokter

vitacid harus digunakan atas rekomendasi dokter

Vitacid 0.025 ini adalah kadar yang paling rendah, kami menyarankan untuk menggunakan dosis ini bagi pemula atau yang memiliki kulit tipis, Kadar menegah Vitacid 0.05 yang cukup ampuh untuk meregenerasikan kulit dengan sangat cepat dan yang terakhir kadar paling tinggi yaitu Vitacid 0.1 untuk pemula disarankan untuk jangan menggunakan yang ini karena kandungan bahan aktifnya sangat besar dan sangat keras sampai mampu menghancurkan keloid dan tentu saja efek sampingnya lebih hebat.

Manfaat Vitacid

Beberapa manfaat penggunaan vitacid dan krim tretinoin lainnya:

  • Vitacid digunakan untuk mengobati jerawat dengan cara menurunkan jumlah dan tingkat keparahan jerawat dan mempromosikan penyembuhan jerawat dengan cepat.
  • Obat ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan , mengurangi kekasaran, dan meningkatkan warna kulit.
  • Digunakan juga untuk menghilangkan komedo sebagai cikal bakal munculnya jerawat.
  • Tretinoin merupakan jenis obat dalam kelas yang disebut retinoid. Ia bekerja dengan mempengaruhi pertumbuhan sel-sel kulit.
  • Vitacid tidak untuk memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari atau mengembalikan penuaan akibat paparan matahari.

Bagaimana Cara Benar Menggunakan Vitacid?

Vitacid memang efektif menghilangkan jerawat, namun harus digunakan dengan cara yang benar agar terasa manfaatnya dan meminimalisir efek samping.

  • Cuci tangan sebelum menerapkan obat ini.
  • Bersihkan kulit wajah dengan mencuci muka secara lembut dan biarkan kering.
  • Gunakan ujung jari untuk menerapkan sejumlah kecil krim jerawat vitacid (seukuran kacang polong) kemudian dioleskan tipis-tipis pada wajah yang berjerawat atau berkomedo. Selain dengan jari, bisa juga menggunakan kasa atau kapas.
  • Biasanya digunakan sekali sehari pada saat sebelum tidur atau seperti yang diarahkan oleh dokter.
  • Gunakan vitacid hanya pada kulit. Tidak boleh mengenai daerah bibir bagian dalam atau di dalam hidung / mulut dan sekitar mata. Tidak boleh digunakan pada kulit yang lecet, tergores, luka, terbakar matahari, atau eksim kulit.
  • Jangan sampai mengenai mata . Jika obat ini sampai masuk ke mata, maka siramlah dengan air dalam jumlah besar. Hubungi dokter jika terjadi iritasi mata.
  • Cuci tangan setelah menggunakan produk ini untuk menghindari mengusap mata atau daerah tubuh lainnya tanpa sengaja.
  • Setelah bangun tidur, segera bersihkan wajah dari sisa-sisa krim yang dioleskan. Hal ini penting untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari.

Selama minggu-minggu awal penggunaan seolah-olah terjadi peningkatan peradangan. Hal ini wajar terjadi, karena sedang berlangsungnya khasiat vitacid yang bekerja pada komedo dan papel jerawat dalam, dimana sebelumnya tidak tampak. Tunggulah, karena pada umumnya hasil pengobatan sudah dapat dilihat setelah 2 atau 3 minggu, sedangkan hasil optimal yang dapat diharapkan akan terlihat setelah 6 – 12 minggu penggunaan.

Gunakanlah secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang paling optimal. Untuk membantu Anda agar selalu ingat, gunakanlah pada waktu yang sama setiap hari. Jangan menggunakan dalam jumlah yang lebih besar atau menggunakannya lebih sering dari yang direkomendasikan. Kulit yang berjerawat tidak akan sembuh lebih cepat, dan cara seperti itu malah akan meningkatkan risiko efek samping berupa kulit kemerahan, mengelupas dan rasa sakit.

Karena obat ini diserap melalui kulit dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang hamil atau yang diduga hamil tidak boleh menggunakan vitacid.

Peringatan!!

  • Sebelum menggunakan vitacid, pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap tretionin atau preparat topikal vitamin A lainnnya.
  • Obat ini akan membuat Anda lebih sensitif terhadap matahari. Oleh sebab itu, hindari kontak yang terlalu lama dengan matahari.
  • Cuaca ekstrim seperti angin atau dingin juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Gunakan tabir surya setiap hari, dan memakai pakaian pelindung saat di luar ruangan. Tunggu sampai kulit Anda sudah benar-benar pulih dari sengatan matahari sebelum menggunakan tretinoin.
  • Hindari elektrolisis, waxing dan obat perontok kimia untuk rambut di daerah yang dirawat saat menggunakan produk ini.
  • Jika Anda juga menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung sulfur, resorsinol atau asam salisilat, maka gunakanlah tretinoin dengan hati-hati. Tunggu sampai efek dari produk tersebut pada kulit telah menurun sebelum menggunakan tretinoin.
  • Vitacid tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan. Diskusikan risiko dan manfaat dengan dokter Anda.
  • Karena obat ini diserap melalui kulit dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin hamil tidak boleh menggunakan obat ini.

Efek Samping

  • Sensasi hangat atau menyengat dapat terjadi segera setelah menggunakan vitacid. Kulit kemerahan, kekeringan, gatal, terbakar ringan, atau memburuknya jerawat dapat terjadi selama 2-4 minggu pertama menggunakan vitacid. Efek ini biasanya berkurang dengan terus menggunakannya. Penggunaan krim pelembab di siang hari dapat membantu mengatasi kulit kering.
  • Kulit yang peka dapat menjadi merah yang berlebihan, membengkak, melepuh atau mengeras, apabila timbul efek ini pengobatan harus dihentikan sampai keadaan kulit putih kembali atau diatur dosisnya menjadi lebih rendah.
  • Kulit menghitan atau memutih yang sifatnya sementara dapat terjadi karena penggunaan tretinoin yang berulang-ulang.
  • Jika salah satu dari efek-efek ini menetap atau memburuk, beritahu dokter atau apoteker segera agar dipertimbangkan pengurangan dosis atau frekuensi pemakaian.
  • Ingatlah bahwa dokter telah memberikan resep obat ini karena dia telah menilai bahwa manfaat kepada Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.
  • Untungnya semua efek samping dari vitacid dapat dihilangkan dengan menghentikan pengobatan.

Berapa harga vitacid?

Vitacid memiliki rentang harga yang berbeda-beda tergantung di mana Anda membelinya dan berapa kandungannya, secara umum berikut kisaran harga yang kami temui di pasaran.

  • Vitacid 0,025% seharga Rp. 20.000 – 30.000
  • Vitacid 0,05% seharga Rp. 35.000 – 40.000
  • Vitacid 0,1% seharga Rp. 45.000 – 50.000

Selalu cermati keterangan pada label sebelum menggunakan, atau lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer